bygwjazqqnmhc12oving

Ilustrasi kapal terbakar. (Foto:Istimewa)
Kapal motor Mutiara Sentosa 1 terbakar di perairan Kepulauan Masalembu, Jawa Timur. Peristiwa itu terjadi pada Jumat (19/5) sekitar 16.00 WIB, saat kapal sedang bertolak dari Surabaya menuju Balikpapan, Kalimantan Timur.
Petugas Humas SAR Surabaya, Tholib, menyebutkan belum mengetahui jumlah korban akibat terbakarnya kapal itu. Namun, sudah ada upaya evakuasi korban oleh kapal terdekat.
"Proses evakuasi sedang dilakukan oleh KM Maratus karena posisinya paling dekat. Tadi kami coba kontak nakhodanya, sepertinya masih sibuk evakuasi," kata Tholib kepada kumparan (kumparan.com), Jumat (19/5).
Selain KM Maratus, beberapa kapal yang berada di sekitar tempat kejadian juga ikut mengevakuasi penumpang. Tim SAR dari Denpasar, Mataram, dan Banjarmasin juga sedang menuju tempat kejadian.
Tholib juga menyebutkan, beberapa kapal yang menolong penumpang KM Mutiara Sentosa 1 menemui kendala. "Karena terjadi malam hari, sulit penerangannya dan gelombang sedang tinggi. Mencapai satu hingga dua meter," sebutnya.
KM Mutiara Sentosa 1 diketahui sedang membawa 178 penumpang dan 87 kendaraan roda dua, roda empat, dan truk.
Musibah yang terjadi dengan KM Mutiara Sentosa 1 bukan kali pertama. Di awal tahun ini, sebut Tholib, kapal ini pernah terdampar di Pulau Karang Jamuang, Jawa Timur.