Nasihat Kepemimpinan dari sang Perdana Menteri

Shamsi Ali
Putra Indonesia ini merupakan Imam yang dihormati di AS. Dinobatkan sebagai salah 1 tokoh agama berpengaruh di New York.
Konten dari Pengguna
10 Januari 2023 11:28 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Shamsi Ali tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dalam upacara penyambutan kunjungan resmi Perdana Menteri Malaysia, Istana Bogor, Senin (9/1/2023). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
zoom-in-whitePerbesar
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim dalam upacara penyambutan kunjungan resmi Perdana Menteri Malaysia, Istana Bogor, Senin (9/1/2023). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hari Senin kemarin, 9 Januari 2023, dilaksanakan otelah melangsungkan acara Dialog kepemimpinan bersama Dato’ Dr. Anwar Ibrahim, yang baru saja terpilih dan dilantik menjadi Perdana Menteri Malaysia. Acara ini dilaksanakan oleh CT (Chairul Tanjung) Corp Leadership Forum. Dan secara kebetulan pula, saya termasuk yang mendapat undangan untuk hadir. Walau tidak sempat karena jauh di New York, saya mengikuti dari dekat (secara virtual).
ADVERTISEMENT
Acara itu sangat prestisius dan luar biasa. Karena dihadiri oleh begitu banyak tokoh-tokoh nasional, termasuk menteri dan mantan menteri, pimpinan lembaga tinggi negara, petinggi partai, ulama, dan pimpinan organisasi massa lainnya.
Namun yang terpenting dari semua itu adalah sosok Anwar Ibrahim itu sendiri yang luar biasa. Kalau sekiranya saya ingin memberikan deskripsi tentang beliau dalam satu kata, mungkin yang tepat adalah “perfect”. Tentunya sempurna yang dimaksud ada pada relevansinya sebagai manusia yang juga pastinya tidak lepas dari konotasi relativitas.
Anwar Ibrahim sejak mahasiswa telah menampilkan diri sebagai mahasiswa aktivis, cerdas, dan luas dalam permikiran dan pergaulan. Kecerdasan dan keluasan berpikir Anwar didukung oleh keluaasan referensi, selain tentunya pengalaman yang luar biasa.
ADVERTISEMENT
Anwar Ibrahim dapat dikategorikan ilmuwan yang politisi dan politisi yang ilmuwan. Tapi pada kedua sisi itu (ilmuwan dan politisi) Anwar Ibrahim sangat solid dalam wawasan dan komitmen keaagamaan. Yang pada akhirnya menjadi sosok politisi yang religius dan cendekiawan.
Sosok Anwar Ibrahim memang exceptional (istimewa). Perjalanan politiknya yang penjang telah mengantarkannya kepada pengalaman hidup yang lengkap. Pernah merasakan kejayaaan dengan posisi-posisi prestisius di pemerintahan (menteri dan wakil perdana menteri). Tapi juga pernah terhempaskan ke dalam pengalaman pahit, dipenjara sekitar 10 tahun. Bukan sekadar penjara, tapi upaya pembunuhan karakter (character assassination) dengan fitnah kejam yang dahsyat.
Tapi seperti yang disampaikan dalam pidatonya itu, Anwar Ibrahim adalah sosok yang berkepribadian kuat. Dan yang lebih penting adalah beliau selalu memiliki pandangan optimisme di tengah guncangan gelombang kehidupan yang tidak bersahabat.
ADVERTISEMENT
Memaknai Kepemimpinan
Satu hal yang perlu digarisbawahi juga adalah ketulusan Anwar Ibrahim dalam menyikapi perasaan kedekatan secara pribadi dengan Indonesia. Berkali-kali beliau menyebutkan bahwa beliau “is deeply sentimental” (terikat secara emosi) dengan Indonesia.
Lebih dari itu beliau menyampaikan bahwa dengan segala kekurangan dan ketidaksempurnaan Indonesia, bahkan mengutip pernyataan Taufik Ismail “saya malu jadi orang Indonesia”, beliau tetap bangga dengan Indonesia. Bahwa Indonesia telah melahirkan tokoh-tokoh besar seperti Soekarno (nasionalis), Hamka (Islam), bahkan siapa yang beliau disebut sebagai golongan kiri (Soejatmiko).
Saya tidak ingin menyebutkan semua poin-poin penting yang Anwar sampaikan dalam presentasinya yang tidak memakai bahan tertulis seperti kebiasaan para pejabat negara lainnya. Beliau berbicara dari hati dan kepala dengan penguasaan materi dan komunikasi yang dahsyat.
ADVERTISEMENT
Penguasaan Anwar dengan ragam subjek itu terlihat misalnya ketika menyinggung urgensi “critical thinking” para ulama/cendekiawan masa lalu. Salah satunya adalah perdebatan intelektual antara Imam Al-Ghazali dan Ibnu Rusydi. Belum lagi penguasaan teks-teks keagamaan baik Al-Quran, hadits, bahkan sejarah Islam.
Saya ingin membatasi diri pada tiga catatan penting dari berbagai hal yang beliau sampaikan dalam pemaparan itu.
Pertama, isu kepemimpinan dan demokrasi
Satu catatan penting yang saya simpulkan dari paparan beliau adalah bahwa seringkali demokrasi hanya disikapi pada prosesnya. Banyak orang merasa berdemokrasi karena proses pemilu yang telah selesai dilaksanakan (pilihan raya misalnya). Tapi banyak yang lupa bahwa kesuksesan demokrasi tidak sekadar pada prosesnya.
Demokrasi harus juga dilihat pada etika dari pelaksanaannya. Jika proses itu penuh dengan rekayasa dan ketidakjujuran maka demokrasi itu adalah demokrasi yang cacat. Demokrasi yang tidak perlu dibanggakan.
ADVERTISEMENT
Tapi tidak kalah pentingnya adalah kesadaran bahwa demokrasi itu hanya akan valid dan bermakna ketika terbangun sebuah tanggung jawab (responsibility). Tanggung jawab ini tidak saja kepada rakyat melainkan juga kepada Allah SWT di akhirat kelak.
Kedua, urgensi ilmu dalam kepemimpinan
Beliau menekankan bahwa ilmu menjadi sangat penting dalam membangun kepemimpinan yang baik. Beliau memaparkan secara panjang urgensi ilmu bahkan dalam kehidupan keumatan dan berbangsa. Ilmu menjadi pilar kebangkitan bangsa dan umat.
Tapi ada dua hal penting dari aspek keilmuan ini yang beliau garis bawahi:
Satu, selain soliditas dalam ilmu-ilmu keagamaan secara tekstual dan tradisional, umat ini perlu membangun “critical mind” (berpikiran kritis). Menurut beliau, salah satu hal yang mengantar kepada perilaku ekstrem adalah kurangnya critical mind dalam menerima informasi-informasi keilmuan.
ADVERTISEMENT
Dua, bahwa ilmu dan spesialisasi (keahlian) tidak akan bernilai (valuable) jika tidak dibarengi oleh nilai-nilai insaniyah (humanity). Jangan sampai kemajuan ilmu menjadikan manusia kehilangan nurani dan kemanusiaannya.
Ketiga, urgensi aktualisasi keadilan sosial
Latar belakang Anwar Ibrahim sebagai aktivis menjadikan beliau sebagai “social justice icon”. Dari awal hingga akhir pemaparan beliau, isu social justice seolah menjadi poin terpenting dari pemaparan itu.
Yang menarik adalah ketika menyebutkan makna “ukhuwah” dalam konteks kebangsaan. Beliau menekankan bahwa secara agama umat Islam itu bersaudara “sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara”. Tapi di luar ikatan keagamaan itu juga ada persaudaraan “ukhuwah insaniyah” (saudara semanusia).
Selain itu beliau menekankan bahwa beliau bukan antimodal (kapital). Tapi kapitalisme bukan solusi. Justru perlu “middle path” (jalan tengah) dalam menyelesaikan perekonomian dunia. Kemajuan perekonomian tidak bisa dipisahkan dari konsep “social justice” (keadilan sosial). Beliau mencontohkan betapa banyak rakyat kecil Makaysia yang masih susah. Bahkan lebih susah dan menderita dari apa yang beliau rasakan ketika berada di dalam penjara.
ADVERTISEMENT
Mungkin hal lain cukup menusuk dari penyampaian Anwar Ibrahim adalah ketika menyentuh isu korupsi. Menurutnya, korupsi tidak mudah diberantas karena sudah bersifat “sistemik”. Korupsi menjadi prilaku yang seolah telah menjadi bagian dari sistem yang ada. Upaya memberantasnya sangat tidak mudah. Karena memang kerap berhadapan dengan kekuasaan.
Seraya bercanda beliau mengatakan: “itulah sebenarnya yang telah terjadi pada dirinya”.
Demikian catatan-catatan penting dari pemaparan dahsyat dan bermutu dari Seri Dato’ Dr. Anwar Ibrahim. Semoga jadi pelajaran yang baik untuk bangsa Indonesia. Khususnya mereka yang sedang mendapat cobaan amanah kekuasaan dari Allah SWT. Amin!
Manhattan City, 9 Januari 2023
* Presiden Nusantara Foundation