poehm8wfijivhoru0ybm

Kementerian Agama Akan Gelar PIONIR VIII di Aceh (Foto:Wandha Hidayat/kumparan)
Kementerian Agama RI akan mengadakan Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) VIII tahun 2017. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengapresiasi dan mengembangkan kemampuan dan minat mahasiswa.
Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, mengatakan kegiatan tersebut merupakan acara rutin dua tahunan yang diselenggarakan dengan melibatkan banyak Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).
"Insyallah akan digelar sebuah event nasional dua tahunan yang cukup besar karena melibatkan seluruh PTKIN di di Indonesia. Ini cukup besar event-nya masif, peserta sekitar 2.250 mahasiswa," kata Kamarudin dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, Jumat (21/4).

u8c98hi0fyjt0upozpwy

Kementerian Agama Akan Gelar PIONIR VIII di Aceh (Foto:Wandha Hidayat/kumparan)
Perhelatan PIONIR kali ini akan melibatkan 55 PTKIN se-Indonesia, yang terdiri dari 32 IAIN, 12 STAIN, dan 11 UIN. Selain itu juga akan dimeriahkan oleh kehadiran sekitar 5 ribu siswa-siswi se-kota Banda Aceh.
Kegiatan yang akan digelar dari 25 April sampai 1 Mei 2017 itu memiliki 4 kategori, yakni bidang ilmiah, olahraga, seni dan riset. Di bidang ilmiah terdiri dari 4 kompetisi, yaitu debat bahasa Arab, debat bahasa Inggris, Musabaqah makalah Qur'an (MMQ), dan Musabaqah Qiraatul Kutub (MQK).
Di bidang olahraga terdiri dari perlombaan futsal, voli, tenis meja, bulu tangkis, catur, panjat dinding, sepak takraw, basket, karate dan pencak silat. Kemudian di bidang seni, yaitu Musabaqah Tilawah Qur'an, Musabaqah Hifdzil Qur'an, kaligrafi, pop solo Islami, desain dan peragaan busana muslim, puitisasi Al Qur'an, marawis dan Musabaqah Syahril Qur'an.
Di bidang riset sendiri ada dua perlombaan, yaitu karya tulis dan karya inovatif mahasiswa. Dari semua kategori yang dikompetisikan itu diharapkan dapat melahirkan mahasiswa yang unggul.
Dari semua perlombaan, MQK, puitisasi Al Qur'an dan karya inovatif mahasiswa merupakan inovasi yang belum ada pada penyelenggaraan sebelumnya. Peserta kompetisi tersebut akan memperebutkan 54 medali emas, 54 medali perak dan 54 medali perunggu.
"Inshallah akan dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin dan dihadiri oleh seluruh Pejabat Eselon I dan II Kemenag, seluruh Rektor PTKIN di Indonesia dan Gubernur Aceh," ungkap Kamaruddin.
"PIONIR dilaksanakan secara multi-event dua tahun sekali untuk meningkatkan pembinaan keilmuan dan mencari mahasiswa unggul, baik dalam prestasi akademik, keolahragaan, seni dan riset, serta memperkuat silaturahmi dan kerukunan antar mahasiswa PTKI di lingkungan Kementerian Agama," imbuh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Nizar Ali.
Menteri Agama bersama dengan Gubernur Aceh dan Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh rencananya akan menaiki gajah dari tempat transit ke panggung lokasi acara.