Partai Demokrat akan Membenruk Koalisi Kerakyatan, Siapa Capresnya?

Konten dari Pengguna
11 Juni 2018 3:10 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari zamane id tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Partai Demokrat akan Membenruk Koalisi Kerakyatan, Siapa Capresnya?
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean mengatakan partainya tengah menggagas terbentuknya Koalisi Kerakyatan. Ferdinand mengatakan ide koalisi kerakyatan itu muncul dari rekaman perjalanan yang dilakukan Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono dan putranya, Agus Harimurti Yudhoyono ke berbagai daerah di Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Gagasan ini memang mengerucut atas prakarsa dari Pak SBY, tapi yang pasti nama ini muncul dari masyarakat, ketika Pak SBY dan AHY turun ke bawah keliling nusantara," kata Ferdinand kepada Tempo, 10 Juni 2018.
Ferdinand mengatakan koalisi itu tercetus setelah pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab di Mekkah. Padahal sebelumnya Gerindra disebut-sebut berniat mendekati Partai Demokrat terkait kemungkinan koalisi.
FPI menyatakan Demokrat sengaja tak diajak karena pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah memenjarakan Rizieq Shihab.
Seusai pertemuan Prabowo dan Rizieq, kata Ferdinand, SBY langsung menginstruksikan agar partai mengambil sikap dengan membentuk poros baru yang dinamakan poros kerakyatan atau poros nusantara. Dia berujar saat ini partainya tengah membangun komunikasi awal dengan partai lain untuk membentuk koalisi kerakyatan ini.
ADVERTISEMENT
Baca Lanjut https://zamane.id//kabar/45-partai-demokrat-akan-membenruk-koalisi-kerakyatan-siapa-capresnya#ixzz5I3T5SbjB