Cover- Yusuf Mansur

Begini Kalau Kita Sering Ngomongin Orang

Yusuf Mansur
Pendiri Pondok Pesantren Tahfizh Daarul Quran
22 Oktober 2020 9:53 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Yusuf Mansur. Foto: kumparan.
zoom-in-whitePerbesar
Yusuf Mansur. Foto: kumparan.
ADVERTISEMENT
Waktu kecil tuh saya demen burung. Pokoknya jago “kelepekan” dah. Terus saya punya burung balap. Burung yang bisa terbang di ketinggian hanya 10 cm. Jadi dia bisa masuk kolong meja.
ADVERTISEMENT
Nah saya juga ngoleksi dulu burung Merpati, kemudian burung Nuri. Sampai suatu saat saya pulang dari sekolahan. Terus ibu saya bilang, “Ayo makan dulu. Ada daging enak banget.” Saya makan, terus saya bilang, “Ini enak banget nih daging.” Ibu saya senyum aja gitu, “Udah makan dulu.”
Sambil ditaroin tuh daging ke piring, “Mau nambah gak?” terus dikasih kepalanya. Karena kan saya paling demen sama kepala ayam. Makan otaknya tuh demen banget. Apalagi kalau digorengnya tuh garing, paruhnya aja saya makan.
Abis saya makan ibu saya ngasih tau. “Daging yang kamu makan itu daging burung.” Langsung saya lari ke kandang burung, di pohon jambu, saya liat ya udah dipotong.
ADVERTISEMENT
Jadi rupanya burung saya itu suka ngeselin ibu saya. Suka ngeselin nenek saya juga. Kalau ibu saya itu kalau ngeselin dia doang gapapa, ini masalahnya ngeselin uminya juga. Dandang buat naro beras itu kebalik ama burung. Abis dah tuh rumah. Akhirnya dipotong. Saya tadi pas makan enak aja. Tapi, begitu tau ini daging apaan, Ya Allah, itu nangisnya dua hari.
Nah, kira-kira nih, kalau saudara semua saya undang ke rumah saya terus makan jamuan yang saya kasih, seneng gak? Nah abis makan enak, terus pada nambah, saya umumin, “Itu yang saya masak jempol orang.” Kira-kira bakalan muntah gak? Pokoknya daging orang kita cincang, kita blender, kemudian kita jadiin perkedel, kita jadiin nugget, bayangin dah tuh.
ADVERTISEMENT
Apalagi kemudian saya kasih tau, tadi kan kemari pada bawa anak, sekarang cari dah tuh pada di mana anaknya masing-masing. Tuh anak udah jadi sop. Kira-kira saudara bakalan nangis, marah atau gimana? Jadi saudara makan daging manusia. Pertanyaannya, dari cerita begini aja, eneg gak?
Tapi, ketahuilah, bahwa hampir setiap hari kita makan yang seperti itu. Perasaan kita doang kita makan daging ayam, sapi, kambing. Gak Taunya yang kita makan itu, naudzubillahi min dzaalik, ternyata daging saudara kita sendiri. Sebab apa? Sebab kita rajin ngomongin orang.
Allah berfirman dalam Surat Al-Hujurat ayat 12:
Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten