5 Rekomendasi Bakmi Ayam Halal dan Enak di Tangerang

Winda Puspita - GulanyaGulali
Sosmed Specialist | Food Writer | Food Reviewer | Instagram : @gulanyagulali | Youtube : GulanyaGulali
Konten dari Pengguna
28 Maret 2019 18:06 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Winda Puspita - GulanyaGulali tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bakmi ayam atau mi ayam halal dan enak di Tangerang itu sebenarnya banyak, walau terlihat agak sulit menemukan yang lezat dan nikmat. Terutama di daerah Gading Serpong, BSD, atau pun Alam Sutera sering kali yang paling banyak ditemukan bakmi ayam non-halal.
ADVERTISEMENT
Sebagai pecinta bakmi, kali ini saya mau merekomendasikan bakmi ayam halal dan enak di Tangerang. Sejatinya halal suatu makanan di restoran, kafe, atau tempat makan bukan melulu hanya soal dapat diberi topping ayam walaupun dalam menu terdapat makanan non-halal.
Berikut 5 bakmi ayam halal dan enak di Tangerang yang bisa kamu coba:
1. Mi Ayam Asli Banyumas
Pertama kali pindah ke Tangerang, saya langsung menanyakan mi ayam enak dan favorit di Tangerang. Banyak yang menjawab Mi Ayam Banyumas. Tidak heran hampir sepanjang jalan saya selalu menemukan Mi Ayam Banyumas.
Sebenarnya, Mi Ayam Banyumas ini punya banyak merek sendiri, namun yang paling sering saya nikmati dan tidak diragukan kenikmatannya adalah Mi Ayam Asli Banyumas.
ADVERTISEMENT
Mi Ayam Asli Banyumas ini saya temukan berdasarkan hasil pencarian lewat google maps ketika mendadak malam hari pengin makan mi ayam pedas super nikmat.
Menu pilihan di sini juga banyak, kok: ada mi ayam komplit (bakso dan pangsit basah), lalu ada mi yamin, kwetiaw ayam komplit (bakso dan pangsit basah). Kalau mau pilih salah satu antara bakso dan pangsit basah sebagai pelengkap dan tidak memilih keduanya juga bisa kok.
sumber gambar pribadi www.gulanyagulali.com
Kali ini saya pilih mi ayam komplit (bakso dan pangsit basah). Tidak seperti mi ayam pada umumnya, di sini ayamnya tidak disuir melainkan seperti dicacah secara halus dengan bumbu kecap, tidak terlalu kental, manis, dan punya rasa gurih.
Mi ayamnya kecil-kecil, kenyal, dan punya rasa gurih yang pas. Kalau mau ditambahkan kecap manis, saus sambal, sambal, atau lada juga bisa karena di meja semuanya sudah tersedia. Jadi pintar-pintar meracik sesuai keinginan saja.
ADVERTISEMENT
Satu porsi mi ayam komplit dihargai Rp 20.000.
Lokasi Mi Ayam Asli Banyumas: Jl. Layar Raya No.21, Klp. Dua, Tangerang, Banten 15810.
2.Mie Ayam Bangka Asen
Bakmi Bangka Asen sepertinya memang sudah terkenal sekali di Tangerang, selain Mi Ayam Banyumas. Tidak sedikit pula yang rela jauh-jauh datang untuk sekadar mencicipi kelezatannya. Letaknya berada di Ruko Banjar Wijaya, sering kali beberapa orang menyebutnya dengan nama Bakmi Bangka Banjar Wijaya.
Mie Ayam Bangka Asen ini sudah berjualan selama 20 tahun, wah salah satu mie ayam legendaris nih.
sumber gambar pribadi www.gulanyagulali.com
Saat menjelang siang biasanya bisa mengantre panjang hingga harus menunggu pesanan sampai satu jam. Sedangkan pilihan menunya ada mi ayam, mi ayam komplit, mi ayam bakso, dan mi ayam pangsit. Yang membedakan dari bakmi atau mi ayam lainnya, yaitu terdapat perasan jeruk kasturu, bikin rasanya makin asam, manis, dan segar.
ADVERTISEMENT
Satu porsi mi ayam komplit seharga Rp 24.000.
sumber gambar pribadi www.gulanyagulali.com
Lokasi Bakmi Bangka Asen: Jl. Kenanga Blok A26 No.18, Poris Plawad Indah, Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15141.
3. Bakmi Prima
Siapa yang suka banget jajan dan cari sarapan di Pasar Modern BSD. Yap, rekomendasi bakmi kali ini berada di kawasan Pasar Modern BSD, salah satu pasar favorit di Tangerang yang menyediakan banyak pilihan makanan halal, salah satunya Bakmi Prima.
Terdapat area dalam Pasar Modern BSD dan pilihan menu yang disajikan juga banyak, tidak hanya bakmi tapi juga ada nasi tim ayam, bubur ayam, dan bakso goreng ayam. Tekstur minya kenyal, lembut, dan kecil-kecil serta keriting. Oh iya, mi mereka ini homemade buatan mereka lho, jadi enggak heran akan selalu terjaga kesegarannya.
sumber gambar pribadi www.gulanyagulali.com
Mi ayam kampung rebus menjadi salah satu favorit saya di sini. Suiran ayamnya yang tebal dan berwarna pucat alias bukan dibuat sambal kecap, rasanya enak, dan gurihnya pas. Selain itu, saya paling sering mencampurkannya dengan sambal dan kecap manis.
ADVERTISEMENT
Satu porsi Mi Ayam Kampung Rebus seharga Rp 22.o0o.
Lokasi Bakmi Prima: Pasar Modern BSD, Jl. Letnan Sutopo Blok K No.07, Rw. Mekar Jaya, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15111.
4. Bakmi Lahap
Pertama kali buka di daerah Gading Serpong, Bakmi Lahap memang menarik perhatian saya dikarenakan tanpa MSG dan halal. Karena, jujur saja, sekitar Gading Serpong yang menjual bakmi ayam halal itu sedikit.
sumber gambar pribadi www.gulanyagulali.com
Pada cabangnya yang berada di Gading Serpong, belakang Summarecon Mal Serpong mempunyai lahan parkir yang memuat dua mobil dengan enam motor. Sedangkan kapasitas untuk para pelanggan juga lumayan besar dan nyaman yang memuat sekitar kurang lebih 70 orang.
sumber gambar pribadi www.gulanyagulali.com
Saya memesan mi ayam komplit dengan dua bakso dan satu pangsit basah. Karena di sini tanpa MSG, maka ketika dirasa mi ayam kurang gurih, kamu bisa menambahkan kecap asin. Selain itu saya lebih suka menambahkan kecap manis dan sambal di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Menurut saya, minya mirip dengan Bakmi GM, berbentuk keriting dengan diameter sedikit lebar dibanding biasanya dan pipih.
Satu porsi mi ayam komplit seharga Rp 26.000.
Lokasi Bakmi Lahap: Jl. Mawadah raya Raya, Islamic Village Kelapa Dua Tangerang dan Jl. Boulevard Raya, Gading Serpong, belakang Summarecon Mal Serpong, dekat Stela Maris.
5. Bakmi Ayam Pelangi
Agar anak lebih menyukai sayuran, biasanya para orang tua mengolah sayuran menjadi hidangan enak dan tanpa diketahui bentuk sayuran di dalamnya.
Kali ini saya mencoba Bakmi Ayam Pelangi. Semua bahan yang dipakai dibuat sendiri, salah satunya yaitu minya. Warna-warni cantik yang dihasilkan untuk membuat mi berasal dari sayuran seperti sawi, buah beet, dan wortel, selain itu juga non-MSG. Makan di sini selain tampilannya cantik juga tanpa khawatir.
sumber gambar pribadi www.gulanyagulali.com
Topping ayam pada bakmi ayam pelangi dibuat ayam kecap dengan warna yang tidak terlalu pucat dan tidak kental. Jika khawatir akan rasa sayuran yang terasa aneh pada mi, bahkan tidak sama sekali ada rasa aneh. Justru enak lho.
ADVERTISEMENT
Satu porsi Mi Ayam Pelangi Bakso seharga Rp 27.273.
Lokasi Bakmi Ayam Pelangi: Ruko Tol Boulevard, Jl. Kapten Soebianto Djojohadikusumo, Serpong, Tangerang.