Tempat Wisata di Nusa Penida, Ini Tiga Rekomendasi Terbaik

Viral Food Travel
Berita viral seputar Food dan Travel
Konten dari Pengguna
1 Agustus 2022 10:28 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Viral Food Travel tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tempat Wisata di Nusa Penida. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tempat Wisata di Nusa Penida. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mungkin bagi sebagian masyarakat Indonesia, Nusa Penida terdengar asing di telinga. Padahal pulau Nusa Penida sangat dekat dengan Bali, hanya dipisah oleh Selat Badung.
ADVERTISEMENT
Bagi kamu yang senang dengan wisata Bali dan butuh tempat lain yang lebih sepi, kunjungilah pulau Nusa Penida. Pulau ini unik banget karena terdiri dari daratan yang landai dan juga perbukitan yang dikelilingi lautan.
Di pulau Nusa Penida, kamu akan menemukan banyak wisata alam yang eksotis. Tentu semua wisata tersebut juga ditunjang dengan fasilitas liburan yang nyaman. Nusa Penida sangat ramah wisatawan, kok. Perkembangan pariwisata di pulau ini cukup baik sehingga banyak ditemukan penginapan yang nyaman. Jadi, jangan ragu untuk mencoba eksplorasi di pulau kecil ini.

Tempat Wisata di Nusa Penida

Ilustrasi Tempat Wisata di Nusa Penida. Foto: Pixabay
Sebelum ke Nusa Penida, tentu kamu harus ketahui dulu dong pesona apa saja yang terdapat di pulau tersebut. Maka dari itu, simak rekomendasi tempat wisata di Nusa Penida berikut ini.
ADVERTISEMENT

1. Pantai Broken

Nama boleh Broken, tapi pantai ini tidak akan membuat ekspektasi broken saat mengunjunginya. Sebaliknya, Pantai Broken atau yang kerap juga disebut Pasih Uug akan memberimu pemandangan yang sangat indah dari kombinasi air laut dan tebing-tebing.
Pantai Broken sendiri memiliki alasan kenapa namanya demikian. Hal tersebut karena pantai ini berada di antara tebing yang membentuk lingkaran atau lubang (broken). Nah, air laut tidak bisa melewati tebing yang berlubang itu, sehingga air laut terjebak dan membuat lokasi ini mirip seperti kolam raksasa dengan pembatas tebing.
Tebing yang broken itu memiliki tinggi sekitar 50-200 meter. Sangat menarik sebab kamu bisa mendapatkan banyak spot foto Instagramable di sini, baik di pantainya, maupun di atas tebingnya.
ADVERTISEMENT
Pantai Broken terus dikunjungi oleh banyak wisatawan. Jika kamu tertarik, kamu bisa menjangkaunya di daerah Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali, Indonesia.

2. Air Terjun Guyangan

Sebenarnya air terjun Guyangan bukan benar-benar air terjun seperti umumnya. Namun jangan kecewa dulu karena tempat ini akan sangat memanjakan matamu.
Di lokasi air terjun Guyangan memang hanya akan terdapat mini air terjun dari pipa tangki air, tempat masyarakat mengambil mata air dan disalurkan ke seluruh Nusa Penida. Tapi di kawasan ini terdapat tangga biru yang digunakan untuk naik-turun tebing. Jika kamu berada di atas tebing, kamu akan bisa menyaksikan pesona pulau Nusa Penida secara keseluruhan. Sementara jika kamu turun, kamu akan menemukan mini air terjun, pura warna-warni, dan kolam alami di sisi tebing.
ADVERTISEMENT
Jadi, hanya dalam satu kawasan tapi kamu sudah bisa mendapatkan banyak pengalaman yang indah di tempat ini. Jangan lupa untuk membawa serta kamera, ya, agar kamu bisa mendapatkan foto yang menarik untuk diunggah di media sosial.

3. Pantai Crystal Bay

Terakhir, yang juga wajib kamu kunjungi adalah Crystal Bay, jika kamu mencari pantai yang masih perawan. Seperti namanya, air di pantai ini sangatlah jernih sebening kristal, dan pasirnya putih bersih. Tipikal pantai yang belum banyak dijamah manusia.
Jangan mengira bahwa lokasi ini hanya menawarkan sajian pantai saja, karena kamu juga bisa menyaksikan pesona tanjung yang rumputnya hijau, serta deretan pohon kelapa yang menjulang. Selain itu, terdapat pulau karang yang bernama Batu Meiineng di pantai ini. Jaraknya sekitar 50 meter ke arah laut dan sangat membantu mencegah ombak besar menghantam bibir pantai.
ADVERTISEMENT
Seolah semua itu belum cukup, Crystal Bay juga diberkahi keindahan alam bawah laut yang cocok buat diselami. Banyak wisatawan yang senang melakukan diving ataupun snorkeling di sini.
Nah, itu dia tiga wisata di Nusa Penida yang enggak boleh kamu lewatkan. Pesonanya dijamin akan membuatmu betah dan tidak ingin pulang.
(ADS)