Pola Lantai Tari Remo Sutinah: Pola Garis Lurus ala Seni Tari dari Bondowoso

Viral Food Travel
Berita viral seputar Food dan Travel
Konten dari Pengguna
19 April 2021 20:22 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Viral Food Travel tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Tari Remo Sutinah. Foto: Eric Ireng/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Tari Remo Sutinah. Foto: Eric Ireng/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pola lantai Tari Remo Sutinah memiliki pola garis lurus. Tari Remo Sutinah sendiri dalam jurnal Analisis Struktur dan Bentuk Penyajian Tari Remo Sutinah di Padepokan Gema Buana Kabupaten Bondowoso Jawa Timur milik Mira Nuri Wulandari (2018:6), merupakan seni tari yang berkembang di sebuah Padepokan Gema Buana yang terletak di Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.
ADVERTISEMENT
Tari tradisional ini memiliki musik, bentuk penyajian, dan juga ciri khas yang tidak dimiliki oleh Tari Remo dari daerah lain. Tari Remo Sutinah menjadi tarian yang tidak pernah absen untuk dipentaskan di acara hari jadi Bondowoso.
Seperti seni tari tradisional nusantara lain, Tari Remo Sutinah juga memiliki pola lantai ketika menampilkan tarian tersebut. Pola lantai adalah pola yang dilintasi gerakan-gerakan dalam tari yang tercipta dari komposisi tari di atas lantai.
Pola lantai juga pola yang dapat membentuk, baik itu bentuk garis lurus atau lengkung, zig-zag, diagonal, lingkaran, lengkung, horizontal, dan vertikal.
Pola lantai berhubungan erat dengan komposisi dalam tari karena memiliki fungsi untuk menempatkan penari di atas pentas dan juga menata letak para penari sedemikian rupa, agar membentuk satu kesatuan utuh antara satu dengan yang lainnya. Ini tertulis dalam Modul Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Seni tari milik Kementerian dan Kebudayaan RI oleh Endang Susilowati (2020:4).
ADVERTISEMENT

Pola Lantai Tari Remo Sutinah

Ilustrasi Tari Remo Sutinah. Foto: M Risyat Hidayat/ANTARA FOTO
Mengutip jurnal Analisis Struktur dan Bentuk Penyajian Tari Remo Sutinah di Padepokan Gema Buana Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (2018:14), Tari Remo Sutinah menggunakan arah garis lurus. Dengan menggunakan arah garis lurus, para penari mendapat keuntungan untuk menari dengan leluasa, tanpa menghilangkan estetika dalam menari. Selain itu, penonton juga dapat menikmati penampilan Tari Remo Sutinah dengan lebih baik.
Pola garis lurus merupakan salah satu pola garis dasar pada lantai. Pola ini memang memiliki kesan sederhana, namun kuat pada saat yang bersamaan. Pola garis lurus meliputi pola lantai mendatar (horizontal), tegak (vertikal), dan menyudut (diagonal). Adapun dalam pengembangan pola garis lurus dalam seni tari, terdapat pola segitiga, segi empat, segi lima, zig-zag, dan diagonal huruf v sepeti yang tertera pada Modul Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Seni Tari (2020:4).
ADVERTISEMENT
Pola lantai Tari Remo Sutinah menjadikan gerakan tarian khas Bondowoso ini meninggalkan kesan sederhana yang kuat.
(SYA)