Pola Lantai Tari Jaipong: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Viral Food Travel
Berita viral seputar Food dan Travel
Konten dari Pengguna
10 Juni 2021 6:46 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Viral Food Travel tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pola lantai Tari Jaipong yang berpengaruh pada performa penari. Foto: Fahrul Jayadiputra/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Pola lantai Tari Jaipong yang berpengaruh pada performa penari. Foto: Fahrul Jayadiputra/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pola lantai tari jaipong ternyata memiliki fungsi yang amat penting ketika para penari mementaskan tari di atas panggung. Pasalnya, pola lantai dalam seni tari berpengaruh besar pada performa penari ketika mereka sedang tampil.
ADVERTISEMENT
Melalui buku berjudul Mari Menari Bersama (2018) yang ditulis oleh Maria Dharmaningsih, pola lantai tak hanya memiliki fungsi krusial untuk memposisikan penari, tetapi juga mempunyai makna yang mengacu pada tema penampilan tarian yang akan ditampilkan.
Selain itu, ada beberapa hal yang wajib menjadi perhatian ketika kita berbicara mengenai pola lantai yakni jumlah penari, gerak tari, tempat pertunjukan, serta bentuk dan maksud pola lantai itu sendiri.

Jenis Pola Lantai Tari Jaipong

Ilustrasi mempelajari pola lantai Tari Jaipong. Foto: Agus Bebeng/ANTARA FOTO
Pola lantai tari jaipong adalah pola lantai garis lurus. Pola ini terdiri atas pola lantai horizontal yang menunjukan hubungan antar manusia, pola lantai vertikal yang menujukan hubungan dengan Tuhan dan pola lantai diagonal.
Pola lantai garis lurus juga dapat berkembang menjadi empat pola lagi berupa pola zigzag, segitiga, segi empat dan segi lima. Pola garis lurus biasanya digunakan pada tari berpasangan atau tari berkelompok.
ADVERTISEMENT
Desain garis lurus pada pola lantai tari jaipong dapat dibuat oleh tubuh dan tangan para penari, jejak yang dilalui penari, garis yang ditinggalkan oleh penari dan properti yang digunakan oleh para penari.
Penari menggunakan pola lantai Tari Jaipong. Foto: Muhammad Bagus Khoirunas/ANTARA FOTO
Pola garis lurus sendiri banyak digunakan pada tari tradisi Indonesia dan memiliki kesan yang sederhana namun juga kuat. Tari jaipong, seperti yang kita ketahui, memiliki gerak yang begitu energik. Menurut jurnal Pengkajian Gaya Busana Tari Jaipongan Karya Sang Maestro (2020) milik Muhamad Caesar Jumantri dan Trianti Nugraheni, disebutkan bahwa tari jaipong merupakan tari yang memiliki perpaduan gerak ketuk tilu, tari ronggeng, dan beberapa gerakan pencak silat.
Namun di samping gerakannya yang begitu atraktif dan dinamis, tari jaipong juga memiliki sisi keindahan dan kecantikan yang akan selalu ingin diungkapkan dan ditonjolkan.
ADVERTISEMENT

Fungsi Pola Lantai Tari Jaipong

Ilustrasi fungsi pola lantai tari Jaipong ketika menari. Sumber: Pemerintah Kabupaten Sumedang
Tak hanya memposisikan para penari Jaipong, pola lantai juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting. Fungsi pola lantai tari jaipong ada lima yaitu:
Nah, itu tadi informasi mengenai pola lantai tari jaipong mulai dari pengertian, jenis, dan juga fungsinya. Setelah menyimak mengenai pentingnya pola lantai pada sebuah tarian, apakah kamu tertarik untuk mempelajari tari kebanggaan masyarakat Jawa Barat yang satu ini? Jika iya, jangan lupa untuk memperhatikan pola garis lurusnya ya!
(SYA)
ADVERTISEMENT