7 Keajaiban Dunia Lama yang Gak Kalah Menakjubkan

Viral Food Travel
Berita viral seputar Food dan Travel
Konten dari Pengguna
28 April 2021 20:22 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Viral Food Travel tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi dunia. Foto: Paropak Aphichodilok/Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi dunia. Foto: Paropak Aphichodilok/Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tujuh keajaiban dunia lama merupakan bangunan atau monumen di seluruh dunia yang dinobatkan sampai dengan tahun 2006 oleh yayasan New7wonders (N7W) sebelum munculnya keajaiban dunia baru yang mungkin namanya masih asing ditelinga kita. Tujuh keajaiban dunia sendiri merupakan campaign milik N7W yang dilakukan dengan cara melakukan pemilihan global oleh warga dunia.
ADVERTISEMENT
Tentu terdapat kriteria dan beberapa aturan mengenai bangunan yang layak masuk dalam pemilihan yang dapat dilihat dari beberapa sisi seperti waktu, kualitas struktur bangunan, dimensi geografi, nilai budaya artistik, pengakuan, serta keragaman. Meski memiliki beberapa bangunan atau monumen pilihan yang baru, namun 7 keajaiban dunia lama tentu masih sangat menakjubkan dan tetap layak menjadi simbol betapa hebatnya peradaban manusia di muka bumi ini.
Penasaran? Dilansir dari berbagai sumber seperti Ensyclopedia Britannica, New7wonders, dan National Geographic, berikut tujuh keajaiban dunia lama.

1. Candi Borobudur, Indonesia

Candi Borobudur. Foto: Borobudur Park
Meski namanya tidak masuk dalam 7 keajaiban dunia yang terbaru, kemegahan dan keagungan Candi Borobudur tetap terpatri dalam bangunan ini.
Melansir laman Borobudur Park, Candi Borobudur adalah bangunan bersejarah peninggalan Dinasti Syailendra pada tahun 780-840 masehi. Candi yang merupakan Situs Warisan Budaya UNESCO ini juga merupakan peninggalan Budha yang terbesar di dunia.
ADVERTISEMENT
Sebagai tempat pemujaan Budha dan tempat untuk ziarah, Borobudur digunakan untuk umat manusia mencari petunjuk, pencerahan, dan kebijaksanaan menurut Budha, agar terhindar dari nafsu dunia. Hingga saat ini bangunan candi ini masih digunakan untuk memperingati Trisuci Waisak.

2. Ka'bah, Arab Saudi

Ka'bah. Foto: Waqed Walid/Pexels
Tentu kita mengenal salah satu bangunan dari tujuh keajaiban dunia lama yang satu ini ya. Ka'bah terletak di Kota Mekkah dan merupakan bangunan disucikan dalam agama Islam dan umat Muslim yang ada di seluruh penjuru dunia.
Ka'bah ada di tengah-tengah Masjidil Haram dan merupakan arah dimana umat Muslim menghadap ketika shalat. Ka'bah dalam bahasa Arab memiliki arti kubus. Bangunan suci ini memang berbentuk kotak dan terbungkus dengan sutra dan lapisan katun. Umat Muslim meyakini bahwa Ka'bah dibangun oleh Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail.
ADVERTISEMENT

3. Menara Eiffel, Perancis

Menara Eiffel. Foto: Thorsten Technoman/Pexels
Menara Eiffel adalah landmark dari Kota Paris, Perancis. Menara ini dianggap sebagai karya agung secara teknologikal yang pernah ada dalam sejarah konstruksi sebuah bangunan.
Gustava Eiffel merupakan orang yang mengonsep menara yang memiliki tinggi sekitar 300 meter ini. Tinggi Eiffel setara tinggi dua kali bangunan Basilika Santo Petrus atau Piramida Giza.
Eiffel memang dirancang untuk menjadi bangunan yang memiliki struktur ringan, luas, dan terbuka namun kokoh disaat yang bersamaan. Menara Eiffel pertama kali dibuka untuk umum pada 15 Mei 1889.

4. Piramida Agung Giza, Mesir

Piramida Giza. Foto: Mouad Mabrouk/Pexels
Piramida Agung Giza adalah bangunan makam monumental yang merupakan peninggalan zaman Kerajaan Mesir kuno dan dibangun kira-kira sekitar 4.500 tahun yang lalu. Uniknya, teknik dalam membangun piramida di Giza ini merupakan salah satu prestasi besar tersendiri karena para ilmuwan saat inipun tidak yakin tentang bagaimana piramida ini dibangun.
ADVERTISEMENT

5. Menara Pisa, Italia

Menara Pisa yang miring. Foto: Pato Palo Cech/Pexels
Melihat gambar di atas tentu kamu terhibur sendiri ya karena bentuk bangunannya yang miring? Menara Pisa memang memiliki keunikan karena bentuknya yang sejak awal dibangun memang tak pernah tegak lurus berdiri.
Dikabarkan, arsitek dari menara ini adalah Bonano Pisano yang kemudian menghilang karena merasa telah gagal membangun. Kemudian, pembangunan menara ini dicoba dilanjutkan oleh arsitek selanjutnya yaitu Giovanni di Simone yang juga belum berhasil karena menjadikan menara Pisa memiliki sisi yang lebih tinggi dari sisi satunya.

6. Taj Mahal, India

Taj Mahal. Foto: Sudipta Mondal/Pexels
Taj Mahal merupakan monumen di Agra, India, yang sebelumnya memiliki nama seorang wanita yaitu Arjumand Banu Begum. Wanita ini dijuluki sebagai Mumtaz Mahal, yang pada akhirnya menjadi cikal bakal pemberian nama Taj Mahal.
ADVERTISEMENT
Tempat ini dibangun oleh Shah Jahan, seorang raja Muslim di Kerajaan Mughal India untuk tempat pemakaman istri tercintanya yaitu Arjumand Banu Begum. Bangunan Taj Mahal merupakan contoh bangunan terbaik dalam arsitektur Mughal yang memiliki percampuran ala Persia, India, dan Islam di dalamnya.

7. Tembok Besar China, Tiongkok

Tembok besar Cina. Foto: Diana/Pexels
Tembok Besar China merupakan tembok terpanjang yang pernah ada di dunia dengan arsitektur kuno. Tembok ini telah hadir sejak 2.300 tahun yang lalu dan dibangun ditempat yang berbeda untuk melindungi garis teritorial.
Empat Dinasti China telah berjasa dalam berdirinya tembok raksasa yang juga berfungsi untuk pencegahan penyerangan musuh dan jalur perdagangan sutra pada jaman dahulu.
Tujuh keajaiban dunia lama ini memang sangat tersimpan erat ya di ingatan kita semua? Jadi, ketujuh bangunan di atas juga tidak kalah keren dan tetap menakjubkan bukan?
ADVERTISEMENT
(SYA)