Tiga Alasan Mengapa VAR Perlu Dipertahankan di Premier League

Konten dari Pengguna
28 Februari 2020 14:56 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Viral Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Keputusan pembatalan gol lewat VAR ditampilkan di layar besar. Foto: Reuters/David Klein
zoom-in-whitePerbesar
Keputusan pembatalan gol lewat VAR ditampilkan di layar besar. Foto: Reuters/David Klein
ADVERTISEMENT
Musim 2019/20 menjadi musim pertama penerapan teknologi Video Assistant Referee (VAR) dalam kompetisi Premier League.
ADVERTISEMENT
Sejatinya, penerapan teknologi tersebut bertujuan untuk mempermudah wasit utama dalam membuat sebuah keputusan. Dengan begitu, keputusan yang keliru akibat kelemahan dalam hal sudut pandang bisa diminimalisir.
Namun, penerapan VAR di Premier League menjadi kontroversi. Bagi sebagian pihak yang setuju, penerapan VAR diyakini akan membuat pertandingan berjalan lebih adil. Sebagian lain beranggapan bahwa penerapan teknologi ini akan menghilangkan unsur drama dan gairah yang selama ini menyelimuti dunia sepak bola.
Keputusan seperti gol yang dianulir, sampai offside yang hanya sebatas ujung sepatu, membuat sebagian publik sepakbola di Inggris semakin kontra terhadap teknologi ini.
Bagaimanapun juga, musim ini sepak bola di Inggris telah memutuskan untuk menerapkan teknologi VAR di tengah berbagai pro dan kontra yang terjadi di sana.
ADVERTISEMENT
Berikut Viral Bola merangkum 3 alasan mengapa VAR perlu di pertahankan di Premier League:

Implementasinya Bukan Sistemnya

Mike Dean (wasit) dan kiper West Ham United, Lukasz Fabianski. Foto: Reuters/John Sibley
Sudah bertahun-tahun lamanya penggemar sepak bola menyerukan penerapan teknogi video dalam dunia sepak bola. Namun, setelah diterapkan teknologi VAR, nampaknya belum cukup memuaskan keinginan publik pecinta sepak bola.
Penerapan VAR di Premier League adalah dengan cara menempatkan 1 wasit yang memantau jalannya pertandingan melalui video, sehingga memberi kesan bahwa wasit di atas lapangan tidak memiliki tanggung jawab sepenuhnya atas keputusan yang ia buat.
Selain itu, tidak tersedianya tayangan ulang untuk penonton di stadion, semakin mengecewakan pecinta sepak bola terhadap penerapan teknologi VAR di Premier League.

Mendorong Para Pemain Agar Terbiasa Dengan VAR Untuk Kompetisi Eropa dan Dunia

VAR Premier League Foto: Reuters/David Klein
Bagi sebagian pihak yang kontra dengan penerapan VAR di Premier League, tentu akan senang apabila VAR dihapuskan dalam kompetisi Liga Inggris. Namun, hal tersebut tidak akan berdampak terhadap kompetisi sepak bola di belahan dunia lainnya.
ADVERTISEMENT
Para pemain di mana pun dituntut untuk terbiasa dengan penerapan VAR dalam setiap pertandingan. Karena saat ini, penerapan VAR sedang dikembangkan pada sepak bola di seluruh belahan dunia.
Penghapusan VAR dalam Premier League akan berakibat buruk bagi para pemain ketika mereka membela Tim Nasional Inggris, karena ke depannya semua kompetisi akan menerapkan teknologi tersebut.
Sepak Bola Tidak Akan Sempurna Tanpa VAR
Sebuah layar besar menunjukan untuk menganulir gol Arsenal lewat VAR. Foto: Reuters
Sejak diterapkan di Premier League, terbukti VAR berhasil meminimalisir kesalahan yang disebabkan oleh Human Error.
Pendukung sepak bola di Inggris, telah lama mengeluhkan keputusan-keputusan wasit yang dinilai merugikan tim kesayangannya.
Sehingga, sebenci apapun mereka dengan VAR, nyatanya penerapan VAR telah berhasil menekan angka human error yang disebabkan oleh wasit.
ADVERTISEMENT