Imbas Pandemi Corona, Ronaldo Bisa Hengkang dari Juventus?

Konten dari Pengguna
31 Maret 2020 9:09 WIB
Tulisan dari Viral Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Cristiano Ronaldo kini jadi andalan Juventus. Foto: Reuters/Massimo Pinca
Cristiano Ronaldo kini jadi andalan Juventus. Foto: Reuters/Massimo Pinca
ADVERTISEMENT

Cristiano Ronaldo memahami situasi darurat yang tengah terjadi saat ini. Megabintang asal Portugal tersebut, telah menyetujui pemotongan gajinya dari Juventus, buntut mewabahnya virus corona.

ADVERTISEMENT

Italia merupakan salah satu negara yang paling terpapar pengaruh pandemi ini. Sebelum ditangguhkan, Serie A sempat dimainkan tanpa penonton.

Pandemi ini dinilai sudah merusak tatanan ekonomi pada ekosistem sepak bola di Italia. Dalam jangka panjang, hubungan Ronaldo dengan Juventus pun menjadi taruhannya.

Menurut Il Messaggero, saat ini Juventus tengah dalam upaya menyelematkan financial klub. Hasilnya, gaji fantastis Ronaldo, terancam dinomordua-kan.

Read more!

Normalnya, pemegang Ballon d'Or sebanyak lima kali tersebut, bisa menghasilkan 31 juta euro (sekitar 558 miliar rupiah) dalam setahun dari upahnya bersama Juventus.

Setelah pandemi ini berakhir, Juventus dinilai akan kesulitan membayar Ronaldo secara utuh. Hal ini merupakan buntut dari efek domino pada runtuhnya perekonomian sepak bola Italia.

ADVERTISEMENT

Marca melaporkan, ada beberapa skenario yang mungkin terjadi dalam situasi ini.

Pertama, Juventus bisa saja melepas mega bintang-nya dengan mahar 70 juta euro atau sekitar 1,2 triliun rupiah, walaupun sampai saat ini, belum ada klub yang benar-benar berani meminangnya. Atau, Ronaldo tetap tinggal di turin, dengan berbagai kesepakatan atas penyesuaian gajinya di klub tersebut.

Di usianya yang tak lagi muda, Ronaldo dinilai masih tampil prima. Dengan mencatat 25 gol dari 32 pertandingan di semua laga pada musim ini, rasa-rasanya berat untuk Juventus apabila melepasnya begitu saja dalam satu sampai dua tahun ke depan.