4 Tim Yang 'Diuntungkan' dari Sanksi yang Dijatuhkan kepada Manchester City

Konten dari Pengguna
18 Februari 2020 17:09 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Viral Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Roberto Firmino dan Mohamed Salah di laga Liverpool vs Southampton. Foto: REUTERS/Phil Noble
zoom-in-whitePerbesar
Roberto Firmino dan Mohamed Salah di laga Liverpool vs Southampton. Foto: REUTERS/Phil Noble
ADVERTISEMENT
Dua musim ke depan nampaknya akan menjadi masa-masa sulit bagi Manchester City apabila banding yang mereka ajukan terkait sanksi yang dijatuhkan kepada mereka ditolak. Maka dapat dipastikan tim kaya raya tersebut tidak akan berlaga pada kompetisi bergengsi Liga Champions.
ADVERTISEMENT
Terlepas dari itu, ada kemungkinan mereka akan ditinggalkan pemain bintangnya apabila sanksi tersebut harus mereka jalani untuk 2 musim ke depan.
Seperti kita ketahui, Manchester City mendapat Sanksi tegas dari UEFA berupa larangan berlaga pada kompetisi Eropa selama 2 musim kedepan atas pelanggaran Financial Fair Play yang mereka lakukan.
Terlepas dari kabar buruk yang menerpa Manchester City, nampaknya akan berdampak menguntungkan bagi beberapa klub di Liga Premier Inggris.
Berikur tim Viral Bola merangkum beberapa tim yang diuntungkan atas sanksi yang dijatuhkan Manchester City:

Liverpool

Tim besutan Jurgen Klopp tersebut nampaknya semakin berada di atas angin. Bagaimana tidak, Manchester City merupakan tim terkuat dalam perburuan gelar Premier League yang membuntuti Liverpool di peringkat 2 klasemen.
Para pemain Liverpool merayakan gol Mohamed Salah. Foto: REUTERS/Phil Noble
Selain posisi Liverpool yang sudah jauh mengungguli Manchester City dengan raihan 76 poin, berjarak 25 poin dari City sampai pekan ke 26 tersebut, nampaknya akan sangat sulit dikejar oleh Manchester City dalam merebut gelar juara Premier League.
ADVERTISEMENT
Dengan sanksi yang menimpa klub asal Manchester tersebut tentu akan mengganggu konsentrasi dan gairah para pemain untuk berjuang dalam perburuan gelar juara Premier League musim ini. Hal ini akan menguntungkan Liverpool karena mereka tentunya akan merasa semakin berada diatas angin untuk memenangi perburuan gelar liga Inggris tersebut.

Manchester United

Manchester United sebagai 'kawan' satu kota di Manchester, nampaknya akan semakin perkasa mengukuhkan diri mereka sebagai penguasa di ranah Manchester.
Dalam beberapa musim ke belakang, dominasi prestasi yang diraih City nampak begitu gemilang dibandingkan dengan 'teman' satu kotanya tersebut dalam perburuan gelar juara liga Inggris.
Selebrasi dari Marcus Rashford. Foto: Reuters/Jason Cairnduff
Sanksi yang dijatuhkan kepada Manchester City tersebut berpotensi menyebabkan mereka kehilangan pemain-pemain bintangnya seperti Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, dan Bernardo Silva. Ditambah peluang Pep Guardiola untuk ikut angkat koper dari kota Manchester semakin terbuka lebar.
ADVERTISEMENT
Jika benar itu terjadi, City akan kehilangan peforma baiknya dalam beberapa musim ke depan. Hal ini akan memuluskan langkah Manchester United untuk mengukuhkan tim mereka menjadi lebih dominan di dataran Manchester.

Chelsea dan Tottenham Hotspur

Dari beberapa tim yang memperoleh keuntungan dari sanksi yang dijatuhkan kepada Manchester City, Nampaknya Chelsea dan Spurs yang memiliki dampak besar terkait sanksi tersebut.
Sampai pekan ke-26, Chelsea menempati peringkat keempat diikuti Spurs di peringkat ke 5 klasemen liga Premier Inggris.
N'Golo Kante mengalami cedera otot adduktor. Foto: Reuters/Hannah McKay
Penampilan kedua tim di musim ini dinilai tidak begitu konsisten, terlebih, Chelsea harus menelan pil pahit berupa kekalahan di kandangnya sendiri ketika menjamu Manchester United pada lanjutan pekan ke 26 Liga Premier Inggris.
ADVERTISEMENT
Sehingga keuntungan yang mungkin mereka dapatkan adalah apabila salah satu dari mereka finish di peringkat 5 klasemen, maka tim tersebut berhak untuk berlaga pada kompetisi Liga Champions Eropa.