15 Tahun Film 'Goal!', Ini Kesan Unik Sang Pemeran Utama

Konten dari Pengguna
30 September 2020 16:52 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Viral Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kuno Becker sebagai Santiago Munez di film Goal! . Foto: twitter/panenkasport
zoom-in-whitePerbesar
Kuno Becker sebagai Santiago Munez di film Goal! . Foto: twitter/panenkasport
ADVERTISEMENT
Hari ini, tepat 15 tahun yang lalu, film 'Goal!' tayang perdana di seluruh dunia. Ternyata, film sepak bola berlatar klub Newcastle United ini membawa kesan mendalam bagi sang pemeran utama, Kuno Becker.
ADVERTISEMENT
'Goal!' sendiri memang menceritakan perjalanan karier Santiago Munez, yang diperankan oleh Becker. Dalam film ini, Munez yang hanya seorang imigran asal Meksiko di kota Los Angeles pada akhirnya bisa mengantar Newcastle United ke Champions League.
Namun, tentu kenyataan tak seindah di dalam film. Pasalnya, Kuno Becker rupanya tak terlalu bisa bermain sepak bola.
Becker menghabiskan masa mudanya belajar main biola, bukannya bermain sepak bola. Namun, ketika ditawari peran sebagai Santiago Munez, ia lantas tak berpikir dua kali untuk menerima peran tersebut.
Patung Sir Bobby Robson bersanding dengan logo Newcastle United di St. James' Park. Foto: Reuters/Lee Smith

Kesan unik Kuno Becker terhadap film Goal!

"Usut punya usut, rupanya anak-anak usia 14 tahun yang berlatih dengan saya badannya besar-besar. Tentu saya mau peran itu, karena saya senang ceritanya meski saya tak main sepak bola,"tutur Becker pada Sport Bible.
ADVERTISEMENT
"Ketika Danny Cannon (sutradara Goal!) kembali ke Newcastle, ia melihat peningkatan kemampuan saya. Ia lantas bilang 'Sepertinya Anda takkan berhasil," sambungnya.
Usaha Becker lantas tak berakhir sia-sia. Ia bahkan mengalami cedera engkel di kedua kakinya karena dedikasi latihannya untuk memerankan Santiago Munez.
Tentu saja pengorbanan tersebut ada hasilnya. Buktinya, film 'Goal!' laku keras dan Becker menjadi terkenal.
Film ini tentu jadi salah satu film sepak bola paling terkenal sepanjang masa. Bahkan, 'Goal! 2', yang menceritakan perjalanan karier Munez di Real Madrid, jauh lebih sukses.
Becker sendiri lantas lebih sering dipanggil 'Santiago' karena perannya tersebut. Ia lantas jadi inspirasi anak-anak muda Meksiko untuk bermain di liga top Eropa.
Javier 'Chicharito' Hernandez , terinspirasi film GOFoto: AFP/Frederic J. Brown
Tak sampai di situ, rupanya ada beberapa pesepak bola yang terinspirasi oleh 'Goal!'. Mantan bintang Manchester United, Javier 'Chicarito' Hernandez, adalah salah satu pesepak bola terkenal yang terinspirasi oleh film tersebut.
ADVERTISEMENT
Hmmm...film yang begitu inspiratif, bukan?