Ini Dia Cara UMY Memfasilitasi Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswanya!

Tiara Novi Triastuti
Mahasiswi prodi manajemen angkatan 2020 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Konten dari Pengguna
29 Maret 2023 5:15 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tiara Novi Triastuti tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Universitas merupakan lembaga pendidikan tinggi yang memiliki peran dalam membentuk karakter mahasiswa serta memberikan fasilitas akademis yang disesuaikan dengan berbagai bidang program studi. Selain itu, universitas juga berperan dalam memfasilitasi mahasiswa untuk dapat meningkatkan minat dan bakatnya. Salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Pada universitas ini berperan aktif dalam pengembangan kegiatan kewirausahaan mahasiswa baik lingkup fakultas bahkan universitas.
ADVERTISEMENT
Pada lingkup fakultas, terutama pada Fakultas Ekonomi & Bisnis memfasilitasi mahasiswanya yang ingin belajar maupun mengembangkan keahlian dalam berbisnis dapat bergabung dengan komunitas pengusaha muda Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) UMY. Pasca pandemi covid-19, akhirnya komunitas pengusaha muda FEB UMY kembali membuka kegiatan Ahad Morning(Amor) atau pasar pagi Minggu UMY setelah sempat terhenti akibat pandemi. Realisasi kembali program kegiatan komunitas pengusaha muda FEB UMY ini bertujuan untuk memfasilitasi keluarga besar kampus UMY masyarakat umum untuk mengembangkan bisnisnya dengan membuka stan pada kegiatan tersebut. Kegiatan Amor ini telah dibuka kembali sejak 12 Maret 2023 lalu di sekitar jalan gerbang utama UMY dengan perkiraan pengunjung sekitar 2000 orang bahkan lebih.
Ilustrasi suasana kegiatan Ahad Morning (Amor) UMY (sumber: www.pexels.com/pencarian/streetbazar)
Pada lingkup universitas, UMY memiliki kebijakan bagi Prodi Manajemen untuk adanya mata kuliah terkait kewirausahaan salah satunya yaitu mata kuliah perencanaan bisnis. Perlu kita ketahui bahwa Prodi manajemen berperan untuk mempersiapkan lulusan mahasiswanya sebagai manajer, akademisi, ataupun wirausahawan. Terkait mempersiapkan lulusan mahasiswanya sebagai wirausahawan, pada tahun 2022 lalu kami sebagai mahasiswa Prodi Manajemen pada mata kuliah perencanaan bisnis bukan hanya sekadar fokus pembelajaran di kelas saja namun juga melakukan praktik memposisikan diri sebagai wirausahawan dengan mengikuti kegiatan bazar Entrepreneur Day di kampus.
Dokumentasi mahasiswa sebagai wirausahawan pada kegiatan Entrepreneur Day 2022 lalu (sumber: dokumentasi pribadi Manajemen F angkatan 2020 UMY)
Peran universitas dalam pengembangan kewirausahaan mahasiswa ini sangat membantu mahasiswa untuk kemudahan dalam ruang berbisnis dan belajar berbisnis demi kesuksesan di masa depan. Selain itu, dapat terbangunnya jiwa wirausahawan yang inovatif, meningkatkan jaringan serta menambah pengalaman.
ADVERTISEMENT