Populasi Lebah Madu Sumatra Menurun akibat Perubahan Iklim

Konten Media Partner
7 April 2021 13:24 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi lebah madu. (foto: Shutterstock)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi lebah madu. (foto: Shutterstock)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perubahan iklim turut mengakibatkan penurunan populasi lebah madu Sumatra. Hal itu terungkap berdasarkan hasil kajian Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI) bersama Pusat Kajian Sains Keberlanjutan dan Transdisiplin (Center for Transdisciplinary and Sustainability Science/CTSS).
ADVERTISEMENT
Ketua CTSS, Damayanti Buchori, mengatakan penelitian tersebut dilakukan pada tahun 2020, dan melibatkan 272 peternak lebah madu serta 25 peneliti.
"Penurunan populasi lebah juga terjadi di Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Sumbawa dan Maluku," katanya, Rabu (7/4).
Menurutnya, Pulau Sumatra memiliki lebih banyak spesies lebah madu dibandingkan daerah lain. Hasil penelitian mendapati setidaknya terdapat 16 spesies yang populer di peternak mulai dari Aceh hingga Lampung.
"Selain poerubahan iklim, faktor lain penurunan populasi ini juga akibat dari ketersediaan pakan dan pestisida," katanya.
Dasar penelitian CTSS ini sendiri dilakukan mengingat selama ini belum adanya penilitian mendalam terkait fenomena ini. Oleh karena itu, pihaknya merasa perlu untuk melakukan studi lanjutan agar Indonesia bisa melakukan tindakan penyelamatan.
ADVERTISEMENT
“Data riset ini perlu ditindaklanjuti dengan riset yang lebih komprehensif mengenai kondisi lebah di Indonesia,” katanya.
Selain itu, hasil riset PEI itu juga mendapati jika jumlah peternak lebah terus meningkat, di mana sebagian besar dari mereka baru memelihara lebah dalam kurun 3-5 tahun terakhir.
"Hampir setengah dari total peternak memperoleh koloni lebah pertama mereka dari alam liar," katanya.
Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementan, Antarjo Dikin, mengatakan riset tersebut dapat mengidentifikasi 3 faktor utama penyebab kematian lebah di nusantara, yaitu iklim (31 persen), sumber makanan (23 persen), dan pestisida (21 persen).
“Berbagai masalah lain juga dapat memengaruhi kuantitas dan kualitas hasil madu seperti cuaca, sumber pakan, jenis lebah, dan pasca-panen," katanya.
ADVERTISEMENT