Tingkatkan Penguasaan Bahasa, Dosen UMY Adakan Pembelajaran Arabic In My FaFiFu

UMY Mengabdi
Berita tentang UMY
Konten dari Pengguna
27 Mei 2022 11:28 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari UMY Mengabdi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dokumentasi Kegiatan
zoom-in-whitePerbesar
Dokumentasi Kegiatan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Muh. Naim Madjid, dosen Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Pendidikan Bahasa (FPB), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan kegiatan pengabdian di Jeddah dan Makkah. Pengabdian yang dilaksanakan Selasa (12/4) ini, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) melalui metode baru 'Arabic in My FaFiFu'.
ADVERTISEMENT
Pengabdian ini dilaksanakan selama 6 hari dengan pembagian 4 hari di Jeddah dan 2 hari di Makkah pada bulan April 2022. Konsep ‘Arabic in My FaFiFu’ diperkenalkan kepada para siswa SD dan SMA di Jeddah, dan siswa SMP dan SMA di Makkah, disertai praktik langsung terkait metode yang diberikan.
Dokumentasi Kegiatan
Arabic in My Fa yaitu siswa belajar Bahasa Arab dan Inggris dengan My Facial Expresion, yaitu menggunakan ekspresi wajah sehingga komunikasi lebih meyakinkan dan memudahkan pemahaman. My Fi berarti My Fingers bahwa gerakan jari-jari dan tangan digunakan untuk mengenal kata ganti (dhomir/pronouns) dengan lebih mudah dan cepat yang kemudian dapat ditransfer dalam kata kerja. Sedangkan My Fu berarti My Future bahwa pembelajaran bahasa Arab dan Inggris haruslah melihat tujuan yang ingin dicapai di masa mandatang (li aghradh khasshah).
ADVERTISEMENT
Konsep ini secara praktik sangatlah menyenangkan dan secara teoritis, tentunya memiliki nilai filosofis yang mendalam. Siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini cukup antusias dan berharap kegiatan ini dapat dilanjutkan sehingga memberikan motivasi dan minat dalam mempelajari bahasa asing dengan lebih mudah, praktis, filosofis, dan menyenangkan.