Dosen Agribisnis UMY Bangun Young Entrepreneur Melalui Usaha Produktif

UMY Mengabdi
Berita tentang UMY
Konten dari Pengguna
19 April 2022 10:41 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari UMY Mengabdi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto Kegiatan Berlangsung
zoom-in-whitePerbesar
Foto Kegiatan Berlangsung
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Triwara Buddhi Satyarini, Dosen Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian (FP), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan pengabdian pada masyarakat bersama dengan remaja anggota Nasyiyatul Aisyiyah Ranting Ambarketawang. Pengabdian ini dilaksanakan di Kalurahan Ambarketawang, Kecamatan Gamping, pada Minggu (20/2).
ADVERTISEMENT
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan membuat usaha rumahan melalui pembuatan aneka makanan street food.
Pelaksanaan pengabdian dimulai dengan memberikan penjelasan tentang berbagai peluang usaha rumahan dengan pembuatan berbagai olahan makanan street food, seperti Dimsum, Cireng, dan Sempol. Triwara memilih pengolahan makanan street food, karena makanan jenis ini digemari oleh berbagai kalangan serta proses pembuatannya cukup mudah.
Foto Kegiatan Berlangsung
Kemudian, dilanjutkan dengan praktik dalam pengolahan Dimsum, Cireng, dan Sempol. Sebelum praktik dilakukan, para peserta diberikan pengetahuan mengenai alat dan bahan yang akan digunakan. Peserta pengabdian yang berjumlah 35 orang ini, terlihat antusias dalam melakukan praktik pembuatan makanan street food tersebut.
Melalui pengabdian ini, peserta merasa terbantu dengan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan usaha rumahan. Dalam hal ini Triwara bersama dengan tim pengabdian memberikan motivasi kepada remaja melalui kegiatan berwirausaha yang mudah untuk dilakukan.
ADVERTISEMENT