Rekomendasi 10 Buku Terbaik tentang Islam dan Muslim (1)

Tutur Literatur
O Captain, My Captain. (Whitman, 1865)
Konten dari Pengguna
29 Mei 2017 10:17 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tutur Literatur tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Aksi massa "I am a Muslim Too" di Manhattan. (Foto: REUTERS/Carlo Allegri)
Stereotip media dan arus informasi yang keliru tentang umat Islam bukanlah sesuatu hal yang baru. Hal inilah yang kemudian tak jarang menambah persepsi buruk tentang Islam dan muslim di mata dunia. Banyak buku yang menjanjikan kebenaran tentang Islam akan tetapi di dalamnya menebar kebencian dan kefanatikan. Padahal pada hakikatnya Islam adalah agama yang dalam praktiknya penuh dengan damai dan cinta.
ADVERTISEMENT
Banyaknya pilihan buku tentang Islam dan muslim yang menggambarkan Islam secara tidak akurat dan berpotensi menimbulkan salah kaprah. Seorang penulis Pakistan yang tinggal di Amerika Serikat bernama Saadia Faruqi memberikan saran terkait rekomendasi buku-buku Islam.
Berikut ini merupakan buku-buku yang menggambarkan Islam dan muslim secara lebih proporsional dan objektif versi Saadia Faruqi.
-
1. No god but God by Reza Aslan
Oldie but goodie. Jika kamu ingin mengetahui bagaimana asal muasal Islam, seperti apa umat Islam pada mulanya dan bagaimana Islam memandang perubahan politis, budaya, dan dalam hal iman seiring perkembangannya menyebar ke seluruh dunia, berarti buku ini tepat untuk kamu baca.
Fakta menarik tentang buku ini adalah bahwa Aslan menulis No god but God sebagai seorang sarjana, bukan sebagai seorang muslim. Jadi buku ini bisa dibaca oleh orang-orang beragama non-muslim karena tidak menyertakan keyakinan religius yang tidak memaksakan keyakinan religius pada pembacanya.
ADVERTISEMENT
2. The Great Theft: Wrestling Islam from The Extremes by Khaled Abou El Fadl
Buku karya Khaled Abou El Fadl ini adalah sebuah catatan komperhensif tentang bagaimana umat Islam di bebrapa belahan dunia telah berpaling dari pemikiran rasional dan mulai berkecimpung dalam interpretasi literal, ekstrimisme, dan terkadang kekerasan. Buku ini hadir sebagai cara terbaik untuk memahami beberapa pergolakan politik yang kita lihat di negara-negara Muslim saat ini, termasuk kemunculan ideologi militan.
3. Generation M by Shelina Janmohamed
Generation M adalah survei tentang generasi muda muslim mengenai apa yang mereka pikirkan, rasakan ,dan lakukan untuk memberikan kontribusi dalam perkembangan dunia saat ini. Mereka adalah kaum milenial dengan sentuhan religius dan buku ini menggambarkan dengan jelas tentang bagaimana mereka bergulat dengan dunia entrepreneurship, teknologi, fashion, makanan, konsumerisme, perubahan iklim, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
4. The Story of Quran by Ingrid Mattson
Buku ini memang buku yang singkat, akan tetapi mampu menjelaskan makna religius, budaya dan bahkan politik berdasarkan kitab suci umat Islam, yakni Al-Quran. Apa saja peran Al-Quran dalam kehidupan seorang muslim, siapa yang menulisnya, dan bagaimana seharusnya kita meyakininya?
Semua pertanyaan ini dan pertanyaan lainnya akan dijawab dalam buku ini oleh Mattson yang merupakan sarjana agama sekaligus seorang guru.
5. Muhammad: A Prophet for Our Time by Karen Armstrong
Buku karangan Karen Armstrong ini merupakan must-read biografi mengenai orang Islam yang paling dihormati yakni Nabi Muhammad.
Selama karirnya, Armstrong telah menulis beberapa buku tentang Islam dan semuanya layak dibaca. Akan tetapi, buku ini sangat membantu bagi siapapun yang tidak banyak mengetahui tentang Nabi Muhammad dan ingin mengenalnya lebih dekat.
ADVERTISEMENT
Buku ini merupakan buku sejarah yang terperinci dan tidak bias, sangat cocok untuk dibaca di zaman sekarang ini terlepas dari apapun keyakinan agama pembacanya.
(Bersambung ke bagian 2)