Taman Buah-buahan, Inovasi Warga Bunulrejo Kota Malang di Tengah Pandemi

Konten Media Partner
15 Januari 2021 17:09 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ketua Kampung KB Mbois Bunulrejo. Foto: Feni Yusnia
zoom-in-whitePerbesar
Ketua Kampung KB Mbois Bunulrejo. Foto: Feni Yusnia
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
MALANG - Warga Kelurahan Bunulrejo menyulap halaman SDN Bunulrejo 6 Kota Malang menjadi area edukasi. Diberi nama Taman Buah-buahan, inovasi tersebut diharapkan dapat menjadi laboratorium sekaligus taman edukasi untuk belajar siswa dan masyarakat.
ADVERTISEMENT
"Taman Belajar Buah-buahan di SD Bunulrejo 6 ini memiliki konsep untuk mendorong aktivitas masyarakat. Selain peduli lingkungan juga menjadi kawasan kreatif," kata Ketua Kampung KB Mbois Bunulrejo, Andri Wiwanto.
Menurutnya, taman tersebut akan dijadikan sebagai pusat belajar. Dimana, para siswa akan diajarkan lebih mengenal buah-buahan, baik mulai cara menanam hingga pasca panen.
Taman Buah-buahan. Foto: Feni Yusnia
"Nantinya juga akan ada laboratorium sehingga semakin mendukung taman belajar buah-buahan menjadi pusat pembelajaran siswa," jelasnya.
Selain mengenal proses penanaman hingga kandungan gizi dalam buah, nantinya juga akan ada pengenalan terhadap buah-buahan yang tergolong langka. Termasuk pengenalan cara membuat pupuk hingga proses penyilangan bibit.
"Secara seremonial kami tanam 4 jenis pohon. Matoa, kelengkeng, jambu, dan sirsak. Tapi kami sudah siapkan 200 bibit untuk tahap selanjutnya. Karena kami juga sedang dalam tahap membangun," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Lebih jauh, Andri menjelaskan, proses pembuatan Taman Buah-buahan ini terbilang masih dalam tahap membangun. Lantaran terkendala biaya.
"Saat ini kita masih dalam proses. Karena dana kita juga bukan dari APBD. Jadi kami memanfaatkan kolaborasi stake holder yang ada di Bunulrejo dan potensi dari masyarakat supaya lingkungan ini jadi menarik," imbuhnya.
Diketahui, taman tersebut terwujud atas kolaborasi lintas sektor antara SDN Bunulrejo 6 bersama Kampung KB Mbois. Dengan tujuan merubah lahan taman di sekolah yang kosong menjadi bermanfaat.