Meski Hujan Deras, Tugu Media Group Bagikan Ratusan Makanan Buka Puasa

Konten Media Partner
30 April 2022 10:36 WIB
·
waktu baca 9 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Para anggota DC2 tetap semangat mempersiapkan menu buka puasa meski hujan mengguyur Kota Malang, pada Jumat (22/04/2022). Foto: dok
zoom-in-whitePerbesar
Para anggota DC2 tetap semangat mempersiapkan menu buka puasa meski hujan mengguyur Kota Malang, pada Jumat (22/04/2022). Foto: dok
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
MALANG – Hujan yang turun deras di Kota Malang pada Jumat sore (29/04/2022), tak mengurungkan niat Tugu Media Group yang membawahi tugumalang.id dan tugujatim.id untuk berbagi kepada sesama melalui Tugu Media Peduli, di Sawojajar Kota Malang.
ADVERTISEMENT
Meski ini adalah momen Jumat terakhir di bulan Ramadhan 2022, Tugu Media Peduli bersama Komunitas Difabel Creative Community (DC2) tetap menebar kebajikan melalui donatur dari Bogor bernama Retno Setiasih.
Meski aksi sosial ini dilakukan di tengah pandemi COVID-19, tak mengurungkan niat mereka untuk berbagi kepada masyarakat Kota Malang. Caranya dengan turun ke jalan membagikan 100 makanan buka puasa, 100 takjil, dan 100 kg minyak goreng gratis.
Tugu Media Peduli memang tak mengurangi aktivitas sosialnya pada Ramadhan 2022. Pihaknya malah ingin selalu menebarkan kebaikan bagi masyarakat.
Perusahaan media yang berkantor di Jalan Dirgantara 1A, 12 B, Kota Malang, ini juga sangat merasa bangga dan terharu karena ada banyak donatur tetap memberikan kepercayaannya untuk melaksanakan berbagai acara sosial yang positif selama Ramadhan 2022. Tugu Media Group sedikit banyak telah menginspirasi para donatur lainnya untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, apalagi di bulan suci ini. Kegiatan tersebut makin melengkapi operasi kemanusiaan bagi para korban gempa Malang Raya dan sekitarnya yang pernah digalang dan digelar oleh Tugu Media Peduli.
ADVERTISEMENT
CEO Tugu Media Group, Irham Thoriq mengaku senang dan bangga karena perusahaan media situs berita (siber) ini, terus mendapat kepercayaan dari donatur dalam mengadakan kegiatan sosial.
Di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang mulai memasuki masa endemi dan pemulihan ekonomi ini, Thoriq mengatakan bahwa dukungan tersebut patut diapresiasi sekaligus disyukuri.
“Terima kasih kepada Bu Retno Setiasih, istri dari Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana yang sudah memercayakan donasi serta sedekahnya kepada kami untuk disalurkan kepada warga Kota Malang,” ujar alumnus UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN) Malang ini.
Thoriq berharap semoga kegiatan rutin di bulan Ramadhan tahun depan bisa lebih banyak lagi sehingga pihaknya bisa membantu masyarakat dari para orang-orang baik yang percaya kepada media siber ini.
ADVERTISEMENT
Dia mengatakan, masih banyak saudara kita di luar sana yang kesusahan karena pandemi COVID-19 hingga terdampak harga kebutuhan pokok yang terus melambung.
“Insyaallah program ini akan terus digelar setiap Jumat selama Ramadhan. Tentunya kita akan ketemu lagi di tahun depan. Semoga kita semua sehat dan selalu diberikan umur yang panjang agar selalu bermanfaat untuk masyarakat," harapnya.
"Terima kasih kepada komunitas DC². Kami akan terus memberdayakan para difabel agar tidak dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Mengapa kami memilih komunitas ini? Karena DC² itu komunitas difabel yang cukup aktif bergerak dalam bidang sosial dan selama ini sangat kredibel. Selain itu, mereka juga banyak melakukan kegiatan sosial secara mandiri,” imbuhnya.
Terakhir, Thoriq berharap kegiatan berbagi berkah ini selalu bisa menginspirasi orang lain maupun para donatur untuk berlomba-lomba dalam menebar kebajikan.
ADVERTISEMENT
”Sampai jumpa tahun depan. Semoga kita selalu bisa menebar kebaikan dan kebajikan. Sekali lagi terima kasih kepada semua yang sudah ikut terlibat dalam kegiatan ini. Semoga Allah membalas kebaikan Anda semuanya. Aamiin!” tutupnya.
Sebelumnya, Retno mentransfer sejumlah uang ke Tugu Media Group pada Kamis (28/04/2022). Dia menyerahkan sepenuhnya kepada tim Tugu Media Group untuk membelikan makanan dan minuman berbuka puasa serta tempat penyalurannya.
Istimewanya, kata Retno, tahun ini pihaknya juga bisa membagikan sembako kepada warga berupa gula maupun minyak goreng yang sangat dibutuhkan masyarakat.
“Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Tugu Media Group yang telah membantu menyalurkan bantuan dari kami sekeluarga. Tak lupa juga kami ucapkan kepada komunitas DC² yang sudah membantu untuk menyalurkan amanah ini seperti tahun sebelumnya," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Donatur Apresiasi Komunitas Difabel
Salah satu anggota DC2, Dodik antusias menyiapkan menu buka puasa dengan menggunakan angkot, pada Jumat (22/04/2022). Foto: Dwi Lindawati
Saat anggota DC² akan memulai membagikan makanan buka puasa, hujan deras tiba-tiba mengguyur. Mereka pun memutuskan untuk berteduh sejenak menunggu agak reda. Sebab, ada 100 makanan buka puasa, 100 takjil, dan 100 kg minyak goreng yang harus dibagikan dalam kegiatan sosial bertajuk "Ramadhan Lebih Bermakna Dengan 1.000 Nasi Jumat Barokah" ini.
Setelah sebelumnya dua kali Jumat mereka membagikan amanah ini di daerah Tlogomas dan Sukun Kota Malang, kali ini amanah diberikan di wilayah Sawojajar.
Retno Setiasih, donatur sekaligus ibu dua anak itu memang sengaja memercayakan donasinya kepada Tugu Media Peduli lagi. Sebab, dia merasa terharu dan bangga karena media yang terverifikasi Dewan Pers ini sering melakukan aksi sosial dengan menggandeng komunitas difabel.
ADVERTISEMENT
”Saya merasa senang, bangga, dan juga terharu karena Tugu Media Group ini sangat peduli dengan penyandang difabel. Dengan menggandeng mereka yang dianggap kaum minoritas, nyatanya mereka mampu membuktikan diri dengan menyiapkan semua keperluan. Mulai dari menyiapkan makanan buka puasa, takjil, hingga menyediakan ratusan sembako yang menjadi pelengkapnya,” ucapnya.
Menurut Retno, dia sangat mengapresiasi dengan upaya yang dilakukan komunitas difabel ini bersama Tugu Media Group.
"Barangkali banyak yang menganggap remeh mereka, tapi ini menjadi pembuktian bahwa jika kita amanahi, mereka benar-benar bertanggung jawab," ucapnya.
”Menurut saya selama dua tahunan ini, merasa senang dan puas dengan hasil yang diberikan soal kegiatan sosial ini. Bahkan, mereka bisa me-manage semua keperluan. Tak hanya memikirkan aksi sosial, mereka juga mengajak kami untuk memberdayakan UMKM yang ada di Kota Malang. Ini capaian yang luar biasa!” pujinya.
ADVERTISEMENT
Dia juga sangat berterima kasih kepada Tim Tugu Media Group karena hingga menjelang akhir Ramadhan ini, masih tetap semangat membagikan makanan dan minuman kepada mereka yang membutuhkan.
"Hal ini memang perlu diapresiasi dan diteladani. Ini menunjukkan bahwa Tim Tugu Media Group ikhlas sekali melakukan aktivitas mulia itu. Sama sekali tidak merasa lelah melaksanakannya," ucapnya.
”Kayak nggak ada rasa lelah kalau mengurus kegiatan sosial. Ada saja yang dilakukan untuk masyarakat. Ya, itu mungkin karena dilakukan dengan rasa ikhlas sehingga semuanya menjadi mudah,” imbuhnya.
Selain itu, Pegawai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta ini, merasa yang perlu diapresiasi adalah pemilihan wilayah tempat pembagian makanan dan minuman itu. Di mana di daerah yang dipilih banyak masyarakat yang membutuhkannya. "Sasarannya tepat sekali, terutama warga yang terdampak pandemi COVID-19," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Meski ini adalah hari terakhir Jumat di bulan Ramadhan, dia berharap Tim Tugu Media Group tidak pernah bosan untuk membantu sesama yang membutuhkan.
"Insyaallah saya terus menyalurkan bantuan lewat Tim Tugu Media Group karena selama dua tahun berturut-turut saya merasa puas dengan kinerja teman-teman Tugu Media Group pada kegiatan sosial tersebut. Apalagi selalu menggandeng difabel, saya sangat mengapresiasinya," ujar ibu dari Alira Vania Putra Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu.
Mengenai penerimanya, sepenuhnya diserahkan kepada tim yang menyerahkan langsung bantuan itu. Perempuan asal Salatiga, Jawa Tengah, itu berencana setiap Ramadhan akan menyalurkan donasinya kepada tim Tugu Media Group.
Perempuan yang tinggal di Kota Bogor, Jawa Barat, ini memang tetap memilih Kota Malang sebagai tempat menggelar kegiatan sosial karena memiliki ikatan emosional. Sebab, bagi Retno, Kota Malang adalah tempatnya memulai berjuang meniti karir profesionalnya setelah lulus dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada 1992.
ADVERTISEMENT
Dia juga merasa puas dengan apa yang dilakukan tim Tugu Media Group pada tahun lalu dengan membantu menyalurkan bantuan.
"Kami sekeluarga merasa puas dengan apa yang dilakukan Tim Tugu Media Group pada tahun lalu, yakni membantu menyalurkan sumbangan kami. Karena itu, tahun ini kami kembali memberikan amanah kepada Tugu Media Group untuk melakukan hal yang sama,” ujar wanita yang pernah sekitar tiga tahun bekerja di Bank Indonesia Malang ini.
Ingin Memberikan yang Terbaik untuk Donatur dan Warga Kota Malang
Anggota DC², Yuliana tampak bersemangat memberikan menu buka puasa kepada warga yang melintas di Sawojajar Kota Malang. Foto: Dwi Lindawati
Dengan menggandeng komunitas DC², tim relawan Tugu Media Peduli yang dikoodinatori editor tugujatim.id, Dwi Lindawati berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik.
Dia mengatakan, tentunya terbaik bukan hanya untuk donatur, tapi juga untuk penerimanya.
ADVERTISEMENT
”Kami mendapatkan kepercayaan lagi dari donatur dari Bogor yaitu Ibu Retno Setiasih. Tentunya ini amanah yang luar biasa buat kami Tugu Media Group. Apalagi beliau sangat mengapresiasi teman-teman komunitas DC² yang sudah kami gandeng selama dua tahun ini,” ujar alumnus Universitas Negeri Malang (UM) ini.
Linda mengatakan, Ramadhan tahun ini sengaja selain membagikan makanan buka puasa, juga ditambah dengan pemberian sembako karena bahan kebutuhan pokok saat ini sedang melambung.
”Kali ini kegiatan sosial dikemas dengan cara turun ke jalan dengan membagikan makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Sengaja ditambahi juga membagikan bahan kebutuhan pokok, seperti minyak goreng maupun gula,” ujarnya.
Dia mengatakan, aksi sosial kali ini berjalan seru juga karena menggunakan angkot untuk mengangkut semuanya. "Bahkan, saat kami memarkirkan angkot, warga berduyun-duyun datang dan menyerbu," sebutnya.
ADVERTISEMENT
"Hari ini memang cuacanya hujan lebat sejak sore, tapi seru juga menggunakan angkot basah-basahan. Ini bentuk perjuangan teman-teman difabel dan tim Tugu Media Group. Semangatnya yang luar biasa!” ujar perempuan yang menyukai warna hijau ini.
Menurut Linda, tahun ini spesial karena ada upaya memberdayakan dan menggeliatkan UMKM-UMKM di Kota Malang.
"Meski masih sedikit yang kami lakukan, tapi setidaknya ini adalah bagian dari upaya atau ikhtiar kami untuk menggeliatkan UMKM di Malang. Caranya dengan memesan makanan, takjil, maupun sembako dari mereka. Ya, mudah-mudahan dari yang sedikit ini bisa membawa berkah buat semuanya," katanya.
Komunitas DC² Bangga Dapat Kepercayaan dari Donatur
Para anggota DC2 selalu kompak dalam mempersiapkan menu buka puasa bagi warga Kota Malang, pada Jumat (22/04/2022). Foto: dok
Ketua DC², Sutarno mengatakan bahwa tahun ini ingin lebih dekat dengan masyarakat, apalagi kasus COVID-19 juga sudah melandai.
ADVERTISEMENT
“Tentunya kami ingin berbagi kepada para pejuang keluarga yang sedang pulang usai bekerja maupun orang-orang yang kekurangan. Selain itu, hari ini kami membagikan ke warga yang melintas di wilayah Sawojajar, Kota Malang. Ada driver Gojek, tukang bakso, pekerja lepas, maupun masyarakat yang membutuhkan,” katanya.
Menurut Sutarno, tahun ini memang tahun yang serba sulit. Tapi, setidaknya dengan digandeng Tugu Media Group, pihaknya bisa ikut menjalankan amanah dari donatur dengan membagikan bahan kebutuhan pokok hingga menu berbuka puasa.
Dia juga merasa bangga karena komunitasnya kembali diberikan amanah untuk kegiatan sosial bersama Tugu Media Group.
Dia mengatakan, tidak mudah mendapatkan kepercayaan dari media maupun para donatur.
"Kami tentu merasa bangga bisa diberikan kepercayaan lagi. Meski kami difabel, tapi bisa menjalankan amanah dan tantangan untuk membuktikan bahwa kami bisa melakukan kegiatan sosial juga seperti masyarakat pada umumnya. Meski memiliki kekurangan, tapi niat kami untuk berbagi tak pernah berkurang. Malahan selalu antusias dan kompak untuk menyiapkannya. Sekali lagi terima kasih kepada Tugu Media Group dan Bu Retno yang sudah kembali memercayakan kepada kami," ujar ayah satu anak ini.
ADVERTISEMENT
Dia berharap semoga diberikan kepercayaan lagi oleh Tugu Media Group dan para donatur lainnya dan bisa bekerja sama dalam bidang apapun.
Menurut dia, kegiatan sosial ini membuktikan bahwa difabel bisa membuat kegiatan yang positif dan berusaha menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab.
Saat hujan mengguyur Kota Malang, antusias warga terlihat. Hal itu tampak dari warga yang melintasi jalan di daerah Sawojajar. “Ada banyak warga yang ikut mengantre ketika kami membagikan ratusan makanan dan minyak goreng. Sempat membuat macet sebentar, tapi tak menyurutkan antusias mereka. Senang melihatnya,” ujar suami dari Sumiati ini.
Salah satu warga penerima makanan buka puasa, Jaka (35) mengaku senang mendapatkan bantuan ini. "Sangat senang hujan-hujan mendapatkan rezeki," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Wildan, penerima lainnya, mengucapkan terima kasih sudah diberikan bantuan ini. Diapun berdoa agar yang memberi bantuan rezekinya bertambah banyak. ”Barokah ya, semoga rezekinya tambah banyak. Terima kasih,” ucapnya, sambil berlalu melanjutkan perjalanannya.(*)