J-Express Indonesia dan JD.ID Rangkul Pelaku UMKM Kota Malang

Konten Media Partner
12 Oktober 2021 14:55 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Edukasi Pemasaran Digital Hingga Metode COD (Cash On Delivery)
Program unggulan bertema “Pengembangan Usaha Mikro dengan Orientasi Peningkatan Skala Usaha Menjadi Usaha Kecil” yang digelar oleh J-Express (JX) Indonesia dan JD.ID bersama Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang. Foto: dok
MALANG – Sederet kolaborasi terus digaungkan guna mendongkrak perekonomian daerah sejak pandemi COVID-19. Seperti halnya dilakukan oleh J-Express (JX) Indonesia dan JD.ID yang bekerja sama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang dalam melaksanakan program unggulan bertajuk “Pengembangan Usaha Mikro dengan Orientasi Peningkatan Skala Usaha Menjadi Usaha Kecil” di Hotel Ijen Suites, Kota Malang, pada Selasa (12/10/2021).
ADVERTISEMENT
Kegiatan edukasi dan pelathan ini sukses mengajak 110 pelaku UMKM di Kota Malang dan secara resmi dibuka oleh Kepala Diskopindag Kota Malang, Muhamad Sailendra ST MM.
Secara sistematis para pembicara dalam kegiatan ini menyampaikan sejumlah materi. Di antaranya pengenalan dan pemanfaatan platform e-commerce dalam kegiatan jual beli, pengenalan metode transaksi COD sebagai upaya membangun dan membina kepercayaan pelanggan, pengenalan JD.ID sebagai salah satu platform e-commerce dengan jaringan marketplace yang luas, cara bergabung menjadi mitra seller (penjual) JD.ID, serta penjelasan mengenai program social commerce JD Fans-program afiliasi marketing resmi milik JD.ID.
Program unggulan bertema “Pengembangan Usaha Mikro dengan Orientasi Peningkatan Skala Usaha Menjadi Usaha Kecil” yang digelar oleh J-Express (JX) Indonesia dan JD.ID bersama Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang. Foto: dok
Muhamad Sailendra menyampaikan bahwa kegiatan edukasi dan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha, khususnya UMKM Kota Malang agar dapat semakin berkembang dalam digitalisasi kegiatan jual beli di platform e-commerce.
ADVERTISEMENT
“Kita dapat melihat bahwa pada saat ini persaingan usaha tidak lagi dilakukan secara konvensional, melainkan online dan digital. Oleh karena itu, kami berharap para rekan-rekan seller dapat menerapkan pengetahuan dan informasi yang diperoleh melalui kegiatan ini pada kesehariannya dan dapat juga membagikan ilmu tersebut kepada para pelaku UMKM lainnya. Sehingga UMKM, terlebih yang berada di Kota Malang, semakin terliterasi, berdaya, dan bermanfaat,” harapnya.
Industrial Relations J-Express (JX) Indonesia, Arditiandito menjelaskan bahwa selayaknya mitra kerja, JX Indonesia ingin mendorong dan memajukan bisnis para pelaku usaha.
“JX Indonesia tidak hanya ingin hadir sebagai penyedia jasa logistik hulu ke hilir bagi rekan usahanya, tetapi juga sebagai #TemanOnlineSeller yang mendorong dan memajukan bisnis para pelaku UMKM, terkhusus di Kota Malang. Melalui edukasi dan pelatihan mengenai pemasaran digital ini, kami hendak berbagi ilmu dan kiat sukses agar para seller dapat dengan mudah beradaptasi dan memanfaatkan digitalisasi kegiatan jual beli dengan sebaik mungkin,” jelasnya.
ADVERTISEMENT
Event, Community, and Partnership J-Express (JX) Indonesia, Aryo Pri Utomo turut memberikan edukasi dan pelatihan perihal metode pembayaran COD sebagai salah satu cara jitu yang dilakukan oleh para seller untuk membangun kepercayaan para pelanggan.
“Hal ini didukung dengan temuan data statistik yang menyatakan bahwa lebih dari 70 persen konsumen Indonesia masih memilih metode COD sebagai metode transaksi belanja dan pengiriman barang. Terlebih di situasi pandemi di mana kegiatan jual beli mayoritas dilakukan secara digital dan online, kami melihat metode COD sebagai jalan tengah yang memungkinkan kedua belah pihak, seller dan pelanggan, merasakan kepuasan dan manfaat dari belanja online,” jelasnya.
Di samping itu, Seller Engagement and Education Manager JD.ID, Demas Ryan memperkenalkan kembali JD.ID sebagai salah satu platform e-commerce unggulan di Indonesia. Meski tergolong muda, JD.ID terus berkembang pesat melalui berbagai terobosan untuk menyediakan lingkungan dagang dan fasilitas yang lengkap bagi mitra seller.
ADVERTISEMENT
“Meski tergolong muda jika dibandingkan dengan lini bisnis ritel kami, platform marketplace JD.ID terus mengalami peningkatan jumlah transaksi dari tahun ketahunnya. Berbagai upaya dan terobosanpun terus kami lakukan untuk menyediakan lingkungan dagang yang sehat dengan fasilitas yang lengkap bagi para mitra seller kami," jelasnya.
"Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak para pelaku UMKM di Indonesia khususnya di Kota Malang untuk bergabung dengan JD.ID, bersama-sama dengan kami naik level di JD.ID barangnya #DijaminOri, seller-nya #DijaminBetah,” imbuhnya.
Social Commerce Business Development Specialist JD.ID, Fans Andrawan Diponugroho juga menerangkan bahwa di JD.ID tersedia banyak kanal untuk para pelaku bisnis belajar memulai usaha atau sekedar ingin dapat penghasilan tambahan, tanpa perlu kumpul modal.
“JD Fans adalah aplikasi afiliasi marketing dari JD.ID yang memanfaatkan platform media sosial untuk penjualan dan promosi. Jika bergabung dengan JD Fans, para promoter berkesempatan untuk mendapatkan komisi hingga 80 persen, diskon khusus, dan voucher menarik, serta dibebaskan untuk mempromosikan barang sesuai dengan cara dan kreativitas masing-masing," jelasnya.
ADVERTISEMENT
"Melalui JD Fans, kami berharap banyak pihak yang dapat diberdayakan, terutama mereka yang harus kesulitan mendapatkan sumber penghasilan di tengah situasi pandemi,” imbuhnya.
Diketahui, JX Indonesia merupakan perusahaan penyedia solusi logistik bagi para seller dan klien korporasi, serta penyedia jasa logistik bagi perusahaan retail e-commerce, JD.ID.
Sebelumnya, JX dan JD.ID telah menggelar acara serupa di Kota Serang dan Bogor. Ke depan, JX dan JD.ID akan melanjutkan program edukasi dan pelatihan ini di berbagai kota di Indonesia, seperti di Yogyakarta dan Surabaya. Hal ini juga dikarenakan tingginya tingkat antusiasme dan keikutsertaan dari para seller peserta di Kota Malang.
Melalui rangkaian kegiatan ini, JX dan JD.ID berharap dapat berbagi ilmu dan informasi terbaru mengenai industri e-commerce kepada para pelaku UMKM, menggandeng para seller dari berbagai daerah, serta memberikan program pelatihan dengan materi yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan para #TemanOnlineSeller.
ADVERTISEMENT
Kegiatan ini didukung langsung oleh afiliasi perusahaan, JD.ID yang merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, kedua perusahaan (JX Indonesia dan JD.ID) beserta para pembicara dari kementerian dan universitas nasional memberikan edukasi dan pelatihan mengenai pengenalan dan pemanfaatan platform online dan digital dalam kegiatan jual beli oleh pelaku UMKM.(ads)