17,7 Hektare Lahan di Gunung Panderman Hangus Terbakar

Konten Media Partner
22 Juli 2019 12:18 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kotak warna merah yang diperkirakan lokasi kebakaran. Foto : BPBD Kota Batu
zoom-in-whitePerbesar
Kotak warna merah yang diperkirakan lokasi kebakaran. Foto : BPBD Kota Batu
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
KOTA BATU- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu mencatat luas hutan dan lahan yang terbakar di kawasan lereng Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur, sekitar 17,7 hektare dengan garis keliling mencapai 1,82 kilometer.
ADVERTISEMENT
BPBD menyatakan ada tiga titik api yang terpantau. "Dari titik tersebut, dilakukan pembagian tim serta tugas masing-masing," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choiru Rochim.
Tim gabungan pemadam kebakaran juga sudah bergerak sejak pukul 08.36 WIB, Senin pagi (22/7). Rochim menjelaskan proses pemadaman saat ini masih dilakukan secara manual.
Api di Gunung Panderman. Foto: Dok. Istimewa
Kendati demikian, jika pemadaman dengan cara manual tidak berjalan secara optimal, maka pihak BPBD Kota Batu juga telah menyusun rencana lain. "Jika pemadaman manual tidak optimal, akan kami koordinasikan dengan TNI AU untuk penyiraman udara. Belum diputuskan apakah perlu atau tidak penyiraman udara dengan mengevaluasi pelaksanaan operasi pemadaman hari ini," tegas Rochim.
Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, pendakian Gunung Panderman dan Buthak ditutup mulai Minggu malam (21/7) hingga waktu yang belum ditentukan.
ADVERTISEMENT
Reporter: Muhammad Sadheli
Editor: Irham Thoriq