Sebuah Truk Terjebak Banjir Lahar Dingin di Sungai Gendol

Konten Media Partner
19 April 2022 14:42 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Truk yang terjebak di Kali Gendol. Foto: TRC BPBD DIY
zoom-in-whitePerbesar
Truk yang terjebak di Kali Gendol. Foto: TRC BPBD DIY
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebuah truk dilaporkan terjebak banjir lahar dingin yang menerjang Sungai Gendol, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta pada Selasa (19/4/2022. Dalam berbagai foto dan rekaman yang beredar, tampak truk warna kuning itu tertimbun aliran banjir yang dipenuhi lumpur.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan keterangan yang diterima dari TRC Jateng, sekira pukul 10:45 WIB, visual Gunung Merapi tidak nampak dan sinyal meliuk. Pada pukul 11:35 WIB tiba-tiba aliran datang dengan intensitas sedang. Satu armada muat manual yang menghadap utara awalnya sudah diperingatkan untuk putar balik namun aliran banjir datang dan membuat supir terjebak.
“Ketika dimulai menaikkan pasir tersebut tiba-tiba diteriaki warga karena ada banjir, dan korban berusaha meninggalkan tempat tersebut akan tetapi roda truk selip dan tidak bisa pergi karena banyak armada yang berusaha pergi juga, sementara air sudah mengalir,” sebut dalam laporan yang diterima.
Beruntung korban bersama pencari pasir lainnya berhasil lari meninggalkan truk dan menyelamatkan diri ke tepi sungai. Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logika BPBD Kabupaten Sleman Makwan mengatakan saat ini tim relawan berusaha melakukan evakuasi truk menggunakan alat berat. Selain itu mereka juga terus memantau keadaan perkembangan cuaca di lapangan.
“Saat ini sudah proses evakuasi truk yang tertimbun material. Para penambangdiharapkan untuk memperhatikan peringatan dini petugas dilapangan. Utamakan keselamatan,” tegasnya.