Ketua KPK Harap Ada Komisioner yang Daftar Capim Terpilih Lagi

Konten Media Partner
16 Juli 2019 15:00 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Raharjo. Foto: Kumparan.
zoom-in-whitePerbesar
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Raharjo. Foto: Kumparan.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Raharjo, berharap diantara tiga komisioner KPK periode 2015-2019 yang mendaftar calon pimpinan (capim) KPK masih dapat terpilih lagi untuk periode berikutnya.
ADVERTISEMENT
Tiga komisioner KPK sekarang yang mendaftar capim KPK itu yakni Alexander Marwata, Basaria Pandjaitan, dan Laode M Syarif.
“Komisioner sekarang yang mendaftar lagi kan ada tiga orang, ya untuk kesinambungan (penanganan kasus) satu dua orang masuk (terpilih lagi) akan lebih baik,” ujar Agus di Yogyakarta, Selasa (16/7/2019).
Agus berpendapat, dengan adanya komisioner sekarang yang lanjut ke periode berikutnya akan membuat KPK tak perlu belajar dari awal karena sudah mengetahui program-program sebelumnya.
“Jadi (komisioner sekarang jika terpilih lagi) bisa menjelaskan kepada teman-temannya (soal program yang dibuat KPK sebelumnya),” ujar Agus.
Hanya saja, Agus menilai seluruh penentuan capim KPK itu merupakan hak prerogratif panitia seleksi (KPK) capim KPK, DPR, dan juga presiden. “Saya hanya memberikan saran ada baiknya untuk kesinambungan ya ada (komisioner lama yang bertahan). Ada itu bisa satu bisa dua terserahlah, tapi itu sekali lagi hanya saran saja,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Pansel Capim KPK sebelumnya mengumumkan sebanyak 192 pendaftar lolos seleksi administrasi Capim KPK 2019-2023.
Dari 376 orang pendaftar capim KPK masa jabatan 2019-2023, yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 192 orang. (atx/adn)