Jalan Jogja-Wonosari Kembali Dibuka, Longsor Masih Mengancam

Konten Media Partner
26 November 2022 12:14 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kondisi Jalan Jogja Wonosari usai terjadi longsor. Foto: istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Kondisi Jalan Jogja Wonosari usai terjadi longsor. Foto: istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jalan Jogja-Wonosari akhirnya dibuka kembali dibuka meskipun masih sistem buka tutup. Jumat (25/11/2033) petang ruas jalan Piyungan-Patuk sempat ditutup akibat terjadi longsor 100 meter dari lokasi longsor sebelumnya yang merusak separuh badan jalan.
ADVERTISEMENT
Kanit Lantas Polsek Piyungan Bantul, Iptu Giyarto menuturkan jalan Jogja-Wonosari dibuka kembali mulai Sabtu (26/11/2022) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. Jalan tersebut bisa dilalui lagi kendaraan usai semua material longsoran yang sempat menutup separuh badan jalan berhasil ditangani.
Giyarto menambahkan, usai longsor terjadi Jumat petang, petugas dan relawan bahu membahu membersihkan material longsoran dari badan jalan. Namun ternyata material longsoran cukup banyak dan sulit dievakuasi manual.
"Petugas terpaksa menerjunkan alat berat untuk percepat upaya sterilisasi material longsoran. Kami kemarin memutuskan untuk menutup total jalan Jogja-Wonosari karena ingin agar pembersihan material longsoran,"ujar dia, Sabtu (26/11/2022).
Saat itu, longsoran tersebut ternyata juga berdampak pohon besar di atasnya. Sekitar pukul 20.00 WIB, pohon tersebut benar-benar tumbang beserta akarnya tercabut. Hingga pohon tersebut akhirnya menutup seluruh badan jalan yang ada di bawahnya.
ADVERTISEMENT
Kendaraan sama sekali tidak bisa melintas sehingga jalan ditutup total. Petugas kemudian berupaya membersihkan ranting dan juga material longsoran. Namun kondisi terhambat karena yang menutupi jalan karena hujan terus berlangsung.
"Sehingga membuat material sedikit sulit diangkat..Petugas terus bekerja keras agar material segera dibersihkan. Dan pukul 24.00 sudah bisa dibersihkan," kata dia.
Kendati demikian, ia mengimbau kepada pengguna kendaraan agar meningkatkan kewaspadaan mereka. Karena ancaman longsor masih saja terjadi. Beberapa titik saat ini memang terpantau ada yang rawan longsor.
Salah seorang relawan Slumprit (penjaga jalan Jogja-Wonosari) Prayoga menuturkan longsoran baru yang terjadi saat ini berada di sebelah Angkringan Watu Pogok. Sebelumnya sebenarnya pernah longsor dan hanya ditutup terpal.
Longsoran masih bisa terjadi mengingat di atas tanah yang Jumat sore ambrol sudah menunjukkan ada rekahan. Sehingga hal tersebut sebenarnya perlu diantisipasi agar tidak ada korban.
ADVERTISEMENT
"Itu sekarang di atas sudah ada rekahan tanah. Tadi dicek petugas kayake," kata dia