Bosan tanpa Teman? Ini 5 Kegiatan Seru bersama Teman Selama Masa Pandemi!

teman kumparan
Ayo gabung ke komunitas teman kumparan!
Konten dari Pengguna
5 Juli 2020 9:29 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari teman kumparan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kegiatan bersama teman sebelum masa pandemi. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kegiatan bersama teman sebelum masa pandemi. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hai, teman kumparan! Terpisah dari kawan terdekat untuk waktu lama bukan merupakan hal mudah. Sebagai manusia, kita memiliki kebutuhan untuk terus terhubung dengan teman. Penelitian yang dilakukan oleh Mariska van der Horst dan Hilde Coffe pada tahun 2011 mengenai hubungan antara karakteristik pertemanan dan kesejahteraan subjektif (subjective well-being) menunjukkan bahwa frekuensi bertemu teman secara langsung dan tatap muka (face to face) memiliki pengaruh positif terhadap subjective well-being.
ADVERTISEMENT
Lalu, bagaimana saat masa pandemi Covid-19 ini? Kita diharuskan untuk tetap #dirumahaja dan melakukan pembatasan fisik dan sosial agar dapat mengurangi laju penularan virus Corona. Tentu saja kita tidak dapat memaksakan diri untuk harus bertemu dengan orang lain secara langsung. Wajar apabila kita mudah merasa bosan, sedih, dan kesepian tanpa kehadiran teman terdekat.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, artikel ini merangkum beberapa kegiatan seru yang dapat kamu lakukan bersama temanmu. Check this out!
Ilustrasi bermain permainan virtual. Foto: Pexels

Bermain permainan virtual

Yup! Banyak sekali alternatif permainan seru yang dapat kamu lakukan secara virtual, salah satunya adalah bermain tebak gambar. Beberapa situs permainan tebak gambar yang dapat kamu mainkan bersama temanmu, antara lain scribbl.io, Gartic.io, dan Quick, Draw!
ADVERTISEMENT
Selain tebak gambar, permainan virtual lainnya yang sudah sering dimainkan, terutama oleh anak-anak muda adalah Playerunknown's Battlegrounds (PUBG), Grand Theft Auto (GTA), Defense of the Ancients (DotA), dan Call of Duty (COD). Dengan bermain permainan secara virtual, kamu tetap bisa merasa “dekat” dengan teman melalui fitur voice chat. Untuk mempermudah komunikasi dan menghindari gangguan, kamu bisa turut mengunduh aplikasi voice chat tambahan, seperti Mumble atau Discord. Let’s play and have some fun!
Ilustrasi berkomunikasi melalui video call. Foto: Pexels

Berkomunikasi melalui video call

Rindu melihat wajah dan mendengar tawa teman-temanmu? Penasaran dengan model rambut temanmu sekarang? Tidak perlu khawatir! Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan kita untuk bertemu teman secara virtual, salah satunya melalui video call. Beberapa contoh aplikasi yang dapat dimanfaatkan adalah Zoom, Google Meet, Google Duo, Facetime, LINE, atau WhatsApp.
ADVERTISEMENT
Fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut memungkinkan kamu untuk mendengar suara sekaligus melihat wajah temanmu. Selain itu, aplikasi Zoom dan Google Meet memungkinkan kamu untuk berbagi layar (share screen) sehingga kamu dan temanmu bisa mengobrol sambil membaca cerita atau menonton bersama. Meskipun ia jauh di sana, semua rasa rindumu dapat terobati, deh!
llustrasi menonton film. Foto: Pixabay

Menonton film bersama

Selama masa pandemi Covid-19, kita harus menerapkan pembatasan sosial (social distancing) dan pembatasan fisik (physical distancing). Menonton film di bioskop kesayangan saat waktu luang pun harus ditunda dulu karena dikhawatirkan penonton di bioskop akan duduk berdekatan dan mempercepat penularan virus.
Sebagai alternatif, kamu bisa, lho, menonton film di berbagai situs daring, seperti Netflix atau Rave. Untuk menambah keseruan, kamu dan temanmu bisa memanfaatkan fitur extension Netflix Party agar bisa menonton bersama sambil berkirim pesan. Selain Netflix Party, melalui aplikasi Rave, kamu bisa menonton film atau video dan mendengar musik bersama teman. Wah, terdengar seru, bukan? Wajib dicoba, nih!
ADVERTISEMENT
Ilustrasi hadiah. Foto: Pexels

Saling mengirim makanan atau hadiah

Nah, ini dia kegiatan baru yang sedang sering dilakukan oleh orang-orang, yaitu saling mengirim makanan atau hadiah ke rumah masing-masing. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Asuka Komiya, Yohsuke Ohtsubo, Daisuke Nakanishi, dan Shigehiro Oishi pada tahun 2019, memberi hadiah (gift-giving) menjadi salah satu tanda bahwa kamu berkomitmen dalam hubungan dengan pasangan romantis.
Bagaimana dengan hubungan dengan teman? Tentu saja kamu bisa memberi hadiah untuk mereka. Gift-giving dilihat sebagai salah satu bentuk bahwa kamu berinvestasi dalam suatu hubungan, mengapresiasi persahabatan, dan untuk menjadi teman yang lebih baik. Tetapi, memberi hadiah harus disesuaikan dengan kapasitas diri kamu, ya! Jangan sampai kamu merasa tertekan atau terpaksa untuk memberi hadiah.
ADVERTISEMENT
Banyak cara untuk menunjukkan kepedulian terhadap teman. Mengirim makanan atau hadiah hanya merupakan salah satu cara. Kamu bisa memanfaatkan layanan antar agar paket makanan atau hadiah dari kamu dapat sampai ke tangan temanmu dengan aman. Jangan lupa terapkan protokol kesehatan dalam mengirim dan menerima barang, ya!
Ilustrasi perangkat foto. Foto: Pexels

Melakukan sesi foto virtual (virtual photoshoot)

Hmm, kali ini, rasanya beda, ya. Biasanya, kita sering mengabadikan momen dengan mengambil foto, hobi jalan-jalan sambil hunting foto dengan kamera, atau melakukan sesi photoshoot di studio. Dengan adanya pembatasan sosial, sulit sekali untuk bisa kembali bermain dengan kamera.
Tapi, tenang aja! Kamu bisa mencoba cara kreatif untuk tetap bisa menggunakan kamera, yaitu dengan virtual photoshoot. Hal penting yang harus diperhatikan adalah koneksi internet yang stabil agar tidak menghambat proses pengambilan foto dan penggunaan properti secara kreatif agar hasil foto terlihat lebih unik dan indah.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa melakukan ini bersama temanmu melalui platform video call dan mengambil foto temanmu yang muncul di layar perangkat telepon atau laptop. Untuk menambah keseruan, kalian pun bisa saling bertukar peran sebagai fotografer atau sebagai model. Bagaimana dengan hasilnya? Banyak sekali, loh, hasil foto virtual yang tidak kalah bagus dan memiliki nilai estetika tersendiri. Let’s try this at home!
Jadi, teman kumparan, itu dia beberapa kegiatan seru secara virtual yang bisa kamu lakukan bersama teman. Memang, kegiatan tersebut mungkin tidak bisa sepenuhnya menggantikan sensasi bertemu teman secara langsung. Tetap semangat, ya, teman kumparan! Nanti, esok hari, memang belum ada yang pasti. Namun, tetaplah yakin dalam hati bahwa kita bisa kembali bersama mereka yang kita sayangi. Keep your friends close!
ADVERTISEMENT
(Fab)