Tidur Siang Ada Manfaatnya Nggak, Sih?

Konten Media Partner
25 Februari 2019 10:44 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tidur Siang Ada Manfaatnya Nggak, Sih?
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Siapa yang dulu pas masih kecil sering disuruh tidur siang sama orangtuanya tapi nggak mau? Malah pengennya main kalau siang-siang.
ADVERTISEMENT
Padahal, pas udah dewasa tidur siang adalah suatu hal yang paling diidam-idamkan, iya kan? Ternyata, tidur siang juga punya banyak manfaat lainnya lho.

Pertama, meningkatkan produktifitas

Pasti nih kalau kamu lagi kerja terus ngantuk, kerjaannya nggak akan beres-beres. Nah, biasanya hal tersebut seringkali kita rasakan saat waktu siang, dan jalan keluarnya adalah tidur siang sejenak. Karena setelah itu, otak kita akan kembali konsentrasi sehingga produktivitas kita meningkat.

Kedua, meningkatkan daya ingat

Sebuah penelitian tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang selama 45 menit bisa membantu meningkatkan daya ingat. Peningkatan ini terjadi dalam fase slow-wave sleep atau tidur gelombang pendek sebagaimana biasa terjadi saat tidur siang. Nah, jadi jangan lama-lama ya tidur siangnya hehe.
ADVERTISEMENT

Ketiga, mengurangi efek insomnia

Nah, buat kamu nih yang insomnia, dengan kamu membiasakan tidur siang maka efek insomniamu akan berkurang. Kamu akan lebih bugar dan tidak cepat merasa lelah karna waktu istirahatmu tetap terpenuhi dengan tidur siang.

Keempat, mencegah penyakit jantung

Tidur siang yang pendek selama 20-40 menit bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan juga stroke. Peneliti menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang 30 menit selama 3 kali dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen.
Menurut penelitian yang dilakukan di Yunani ini, tidur siang yang sehat sebaiknya dilakukan antara pukul 1-3 siang selama tak lebih dari 45 menit. Jika berlebih, justru menyebabkan terbangun dengan kepala yang pusing.
ADVERTISEMENT
[Penulis: Izzudin | Editor: Tristia]