Perhatikan Dahulu Poin-Poin Penting Ini Sebelum Tes Kepribadian

Konten Media Partner
27 Januari 2020 13:29 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ilustrasi: tes kepribadian
Tes kepribadian, barangkali adalah suatu hal yang semua orang pernah melakukannya. Ada beragam tujuan dan alasan mengapa seseorang melakukan tes kepribadian. Namun, alasan yang paling banyak mendasarinya adalah karena ingin mempelajari tentang diri sendiri.
ADVERTISEMENT
Tes kepribadian memang salah satu tools atau alat yang bisa kita pakai untuk mempelajari diri kita lebih dalam lagi. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum melakukan dan mengerjakan tes kepribadian, supaya hasilnya maksimal dan juga akurat. Berikut tips nya:
1. Bersikap jujur
Dalam kuesioner tes kepribadian tidak ada jawaban benar salah, karena tidak ada kepribadian yang salah. Untuk itu, kiat utama dalam menjawab kuesioner atau tes kepribadian adalah bersikap jujur. Tidak perlu berpura-pura menjadi pribadi lain.
2. Mengenali kelebihan dan keterbatasan dirimu dengan baik
Untuk menjawab jujur, Kamu perlu mengenali kelebihan dan keterbatasan dirimu dengan baik. karena biasanya isi pertanyaan dan kuisioner tes kepribadian adalah seputar responmu dalam menghadapi suatu hal atau kegiatan yang menggambarkan dirimu. Kuncinya jawab dengan cepat dan spontan serta jangan lupakan poin pertama.
ADVERTISEMENT
3. Berpikir positif dan yakin dengan diri sendiri
Ingat, setiap manusia dilahirkan dengan bakat dan talenta yang berbeda-beda. Apabila kamu bisa menemukan dan menyadari apa yang menjadi bakat dan talentamu sebenarnya, dan bekerja sesuai bidangmu, maka kamu akan mampu mencapai sukses yang besar ketimbang dengan yang tidak melakukannya.
Ini bukan omong kosong. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Gallup, sebuah perusahaan konsultasi manajemen kinerja global asal Amerika Serikat, kinerja seseorang akan meningkat 800% saat ia ditempatkan sesuai dengan potensinya.
Ilustrasi: Unsplash.com
Bekerja sesuai bakat dan potensi diri yang sebenarnya akan membuatmu enjoy mengerjakannya sehingga hasil kerjamu memuaskan. Saat hasil kerja memuaskan, maka akan berdampak pula pada perkembangan karirmu.
Apakah kamu sudah mengetahui bakat dan potensi dirimu yang sebenarnya? Atau baru hanya sekedar menebak-nebak saja? Tenang, Temali bisa melakukannya untukmu. Ikuti tes Talents Mapping bersama Temali disini, lalu ketahui bakat dan potensi dirimu yang sebenarnya. Kamu pun siap untuk mengembangkan karir lebih cepat dari yang lain!
ADVERTISEMENT