Seminar Parenting "Mencintai Bahasa Indonesia" SD Harapan Mulia

Syarif Yunus
Dosen Unindra - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) - Konsultan - Mhs S3 MP Unpak - Pendiri TBM Lentera Pustaka
Konten dari Pengguna
5 November 2022 15:28 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Syarif Yunus tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa, SD Harapan Mulia Bekasi menggelar seminar parenting bertajuk "Membangun Indonesia dengan Mencintai Bahasa Indonesia” yang diikuti 50 orang tua siswa sebagai upaya penguatan peran pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kecerdasan logika, etiak, dan estetika siswa. Dibuka oleh Principal SD Harapan Mulia, Mr. Hendra Agatama, seminar parenting menghadirkan Narasumber Syarifudin Yunus, Dosen PBSI FBS Unindra dan Pendiri TBM Lentera Pustaka (5/11/2022) di Bekasi.
ADVERTISEMENT
“Festival Bulan Bahasa ini digelar SD Harapan Mulia sebagai kerativitas siswa, di samping silaturahim sekolah dengan orang tua siswa. Seminar parenting ini bermanfaat untuk menguatkan peran pembelajaran Bahasa Indonesia untuk tingkatkan kecerdasan logika, etika, dan estetika siswa. Sekaligus menjadi sinergi bersama orang tua siswa” ujar Mr. Hendra Agatama, Principal SD Harapan Mulia didampingi Dian Handriati selaku Ketua Panitia Festival Bulan Bahasa dan Wakasek Kesiswaan.
Dalam paparannya, Syarifudin Yunus mengajak orang tua siswa untuk peduli terhadap kompetensi Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi sehari-hari. Untuk menyampaikan ide, pikiran, dan perasaan secara efektif dan efisien baik lisan maupun tulisan. Bahasa Indonesia saja menjadi identitas dan kebanggaan nasional, namun harus digunakan sebagai sarana pemersatu bangsa. Dan tidak kalah penting, Bahasa Indonesia harus berperan besar dalam menguatkan komunikasi antara orang tua dan anak di tengah gempuran era digital.
Seminar parenting mencintai bahasa Indonesia untuk pacu kecerdasan siswa
Melalui penggunaaan Bahasa Indonesia yang baik, benar, dan santun, komunikasi antara orang tua dan anak di rumah akan mampu menjadi inkubator penting keberhasilan siswa belajar di sekolah. Bila digunakan secara efketif, maka Bahasa Indonesia pun mampu meningkatkan kecerdasan logika, etika, dan estetika siswa ke depannya. Untuk itu, Syarifudin Yunus, menyarankan orang tua untuk meningkatkan kualitas berbahasa Indonesia kepada anak. Caranya, dapat dilakukan dengan membiasakan anak membaca, ajarkan berani menulis, dan berlaku santun dalam berbahasa sehari-hari.
ADVERTISEMENT
“Luar biasa, seminar parenting Mencintai Bahasa Indonesia yang diikuti porang tua siswa SD Harapan Mulia ini bagus sekali. Agar orang tua juga punya peran terhadap kualitas berbahasa siswa di rumah. Apalagi di tengah era media sosial seperti sekarang, Bahasa memegang peran penting. Agar terhindar dari hoaks dan lebig tepat guna dalam berbahasa kepada anak” ujar Syarifudin Yunus saat pemaparan materi.
Maka orang tua dan siapapun harus bijak dalam berbahasa Indonesia. Jangan sampai Bahasa yang diucapkan atau ditulis malah jadi masalah. Inilah pentingnya membangun ke-Indonesia-an dengan mencintai Bahasa Indonesia. Selain untuk menguatkan cara orang tua dalam berkomunikasi dengan anak di rumah. Tapi juga mengajak siswa untuk tetap membaca dan menulis. Agar nantinya menjadi generasi penerus bangsa yang literat. Momen bagus untuk anak tetap belajar dan orang tua pun mau belajar. Salam literasi #SeminarParenting #SDHarapanMulia #FestivalBulanBahasa
ADVERTISEMENT