Pemuda, Jago Bikin Proposal Kegiatan Lupa Proposal Kehidupan

Syarif Yunus
Dosen Unindra - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) - Konsultan - Mhs S3 MP Unpak - Pendiri TBM Lentera Pustaka
Konten dari Pengguna
28 Oktober 2020 9:55 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Syarif Yunus tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hai Pemuda, apa kabar? Sehat selalu ya. Selamat libur Panjang juga ya Pemuda. Tapi jangan lupa tahan diri. Agar tidak jadi klaster baru Covid-19. Oke, pemuda!
ADVERTISEMENT
Oh ya, Pemuda. Selamat Hari Sumpah Pemuda ya. Tidak terasa, sumpah itu sudah 92 tahun. Sumpah itulah yang mempersatukan kita. Bahkan menyadarkan akan arti penting persatuan. Maka belajar teruslah pemuda. Tanpa kenal Lelah. Jadilah pemuda yang berkualitas dan selalu menjunjung tinggi nasionalisme. Itu berarti, jangan terlalu banyak menuntut tanpa tahu berbuat. Sumpah pemuda itu bukan serapah, sumpah pemuda bukan pula gegabah.
Pemuda, masa depan bangsa ini ada di tangan Anda. 20 atau 30 tahun lagi. Andalah pemimpinnya. Maka jangan pernah mewarisi abu atau arangnya sumpah pemuda. Justru Anda harus mewarisi api sumpah pemuda. Agar tidak pernah padam. Masa lalu bangsa ini, seburuk apapun. Biarlah jadi pengalaman sebagai tonggak petunjuk dan penyemangat. Bukan justru jadi tonggak yang membelenggu. Apalagi mengharu-biru bangsanya sendiri.
ADVERTISEMENT
Aku tahu darah mudamu, Pemuda. Berapi-api dan kadang penuh sensasi. Silakan demo, silakan kritisi bangs aini. Agar tidak semena-mena dan selalu berpihak kepada rakyatnya. Tapi jangan sajikan pesimisme apalagi anarkisme. Tanpa mau memberi solusi yang elegan. Tanpa memberi ajaran peradaban yang penuh harapan. Asal kamu tahu pemuda, tidak ada pemandangan yang paling menyedihkan selain pemuda yang pesimis dan anarkis.
Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2020
Oh ya Pemuda. Aku salut pada semangatmu. Luar biasa dan energik sekali. Tapi semangat itu. Bukan hanya sebatas bikin proposal kegiatan yang hebat. Bukan pula sebatas ruang diskusi dan seminar. Apalagi turun ke jalan. Smeangatlah untuk memperbaiki bangsa ini, semangat berbuat dan berkarya. Dan yang tidak kalah penting, semangatlah dalam membuat proposal hidup. Tentang visi-misi dan strategi untuk meraih mimpi. Jangan sibuk mengurusi negara dan orang lain. Tapi lupa terhadap diri sendiri.
ADVERTISEMENT
Percayalah Pemuda. Persatuan Indonesia itu bisa jadi omong kosong. Bila kita terlalu banyak merongrong. Karena tidak ada awan cerah di langing untuk selamanya. Kadang mendung, kadang hujan bahkan kadang ada sedikit badai. Tapi alam pasti akan bahu-membahu menolong manusia. Tuhan pun akan menolong hamba-Nya. Manakala kita optimis dan mau berbuat baik untuk semuanya.
Tetaplah bergerak pemuda. Jangan berhenti di titik kosong.
Hingga kita lupa, apa sebenarnya yang sedang kita perjuangkan? Bila justru membuat bangsa dan kita makin tidak percaya diri. Maka di ada di pundakmu, pemuda. Mau seperti apa bangsa ini ke depannya?
Sungguh tidak ada kemenangan yang bisa diraih tanpa ada persatuan.
Karena hidup itu hanya ada dua pilihan; berani dan ikhlas seperti kamu. Jika tidak berani, ikhlaslah menerimanya. Jika tidak ikhlas, maka beranilah mengubahnya. Salam Sumpah Pemuda #SumpahPemuda #PemudaIndonesia
ADVERTISEMENT