Menguliti Rivalitas Panas Antara Borussia Dortmund dan Schalke 04

Situs web sepak bola terlengkap menampilkan berita sepak bola internasional, preview highlights pertandingan ligaEropa, klub dan pemain, statistik pertandingan.
Konten dari Pengguna
29 Maret 2020 18:11 WIB
Tulisan dari Supersoccer tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Laga Borussia Dortmund vs Schalke 04 pada musim 2017/18. Foto:  REUTERS/Wolfgang Rattay
Laga Borussia Dortmund vs Schalke 04 pada musim 2017/18. Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay
ADVERTISEMENT

Musuh bebuyutan Borussia Dortmund adalah Bayern Muenchen? Oh, jika berpikir seperti itu, maka kalian salah besar. Sebab, musuh bebuyutan mereka yang sesungguhnya adalah Schalke 04.

ADVERTISEMENT

Rivalitas kedua tim itu terbungkus dalam tajuk Revierderby. Sungguh, derbi ini lebih panas dibandingkan Der Klassiker yang jadi bahan 'gorengan' media Jerman dan internasional itu.

Ibarat makanan, laga Dortmund vs Bayern itu mungkin seperti tahu. Tahu aslinya tidak pedas. Namun, jika dimasukkan banyak cabai di dalamnya, maka tahu bisa menjelma jadi makanan yang bikin bibir dower, lidah terbakar, dan perut meringis. Jeletot.

Nah, pihak yang memasukkan cabai sebagai inovasi itu tadi adalah media Jerman dan internasional. Itulah usaha mereka memviralkan rivalitas dua tim itu dan nyatanya berhasil.

Read more!

Nah, kalau Der Klassiker adalah makanan yang dibikin pedas, maka laga Revierderby itu, ya, memang makanan yang sudah pedas dari sananya. Bahkan, mungkin cabai itu sendiri. Pedas dan bikin perut panas.

ADVERTISEMENT

Sebenarnya, apa, sih, akar perkara kuatnya rivalitas dalam Revierderby? Well, derbi ini berbeda dari derbi-derbi di Eropa lainnya.

Tidak seperti El Clasico yang merupakan perang identitas antara nasionalisme Spanyol dengan kebanggaan sebagai orang Katalan. Tidak ada pula bumbu perbedaan pandangan politik dan keyakinan agama antarsuporter laiknya Derbi Old Firm.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Laga Borussia Dortmund vs Schalke 04 pada musim 2016/17. Foto: Wolfgang Rattay/Reuters

Secara garis besar, Revierderby cuma soal siapa yang paling jago. Tentang siapa yang paling hebat di kawasan Lembah Ruhr, Negara Bagian North-Rhine Westphalia.

Murni karena iri dan dengki akan prestasi satu sama lain. Ini adalah duel dua klub yang sama-sama mewakili kaum proletar --meski sebenarnya klub Dortmund lebih dekat dengan kapitalis.

Rivalitas dimulai sejak pertemuan pertama kedua klub pada 3 Mei 1925. Kala itu, Schalke menang 4-2 atas Dortmund. Pada era Gauliga (1936-1944), juga Schalke lebih unggul atas Dortmund, dengan catatan 14 kali menang, 1 kali seri, dan 1 kali kalah.

ADVERTISEMENT

Konon katanya, pada masa itu, Schalke yang dekat dengan kaum buruh mendapat dukungan penuh dari Adolf Hitler, sang penguasa Jerman periode 1934-1945. Anggaplah itu benar, tetapi jangan artikan bahwa Hitler adalah penggila sepak bola.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Adolf Hitler. Foto: Getty Images/Hulton Archive

Beredar kabar, tujuan Hitler mendukung Schalke adalah karena ingin meraup simpati kaum buruh dan membentuk klub yang mampu menjegal prestasi Bayern Muenchen, klub yang lekat dengan image Yahudi.

Pada era Oberliga (1947-1963), dominasi berbalik. Dortmund memenangi 15 dari 32 laga Revierderby dan 10 laga lainnya berakhir imbang. Sejak era Bundesliga diperkenalkan pada 1963, keduanya mulai seimbang. Tensinya juga semakin panas.

Salah satu laga yang menyakitkan bagi fans Dortmund adalah terjadi pada 4 Maret 1972 di Rote Erde --kandang lama Dortmund. Mereka kalah tiga gol tanpa balas dari rivalnya itu. Sialnya, gara-gara itu, Dortmund jadi terdegradasi, terlempar dari Bundesliga --baru kembali lagi tahun 1976.

ADVERTISEMENT
Show more

Meski begitu, seiring berjalannya waktu, prestasi Dortmund bisa dibilang lebih baik ketimbang Schalke. Der BVB tercatat mengoleksi 8 trofi Bundesliga, sedangkan Die Koenigsblauen cuma punya 7.

Sementara itu, di ajang DFB Pokal, Schalke memiliki koleksi 5 trofi, cuma berselisih satu trofi dengan Dortmund. Well, jadi Schalke unggul, ya, kalau di DFB Pokal.

Show more

Di tingkat Eropa, Dortmund pernah menjuarai Liga Champions, Piala Winners, dan Piala Interkontinental; masing-masing sekali. Di sisi lain, Schalke pernah satu kali menjuarai Piala UEFA dan dua kali Piala Intertoto.

Well, Borussia Dortmund mungkin pernah punya rasa sakit di masa lalu, tetapi kini isi kabinet trofi mereka lebih berisi daripada Schalke. Namun, terlepas dari urusan trofi, sepertinya rivalitas mereka bakal tetap abadi sampai kapan pun.

ADVERTISEMENT

Editor: Katondio Bayumitra Wedya

---

Ayo, ikutan Home of Premier League dan menangi uang tunai Rp50.000.000. Buruan daftar di sini.