Ludek Miklosko

Ludek Miklosko: Biang Keladi Man United Gagal Juarai Premier League 1994/95

Supersoccer
Situs web sepak bola terlengkap menampilkan berita sepak bola internasional, preview highlights pertandingan ligaEropa, klub dan pemain, statistik pertandingan.
14 Mei 2020 16:15 WIB
comment
17
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ludek Miklosko saat membela West Ham United. Foto: Mike Hewitt/ALLSPORT via Getty Images
zoom-in-whitePerbesar
Ludek Miklosko saat membela West Ham United. Foto: Mike Hewitt/ALLSPORT via Getty Images
ADVERTISEMENT
14 Mei 1995. Man United boleh jadi merasa beruntung karena cuma perlu melakoni laga tandang kontra tim 'United' asal London, West Ham, pada pekan pemungkas Premier League 1994/95.
ADVERTISEMENT
Meski bermain di markas mereka, Boleyn Ground, faktanya The Hammers hanyalah tim yang bertengger di peringkat 13 sebelum pertandingan itu dilangsungkan. Jalan 'Setan Merah' menuju altar juara jadi tampak lebih mulus dibandingkan pesaing terberat mereka, Blackburn Rovers.
Sebab, klub asal Lancashire tersebut mesti bertandang ke Anfield untuk menghadapi Liverpool yang mengincar finis di peringkat empat besar. Jadi, The Reds ogah mengalah kepada Rovers, meski konsekuensinya melanggengkan jalan Man United--rival mereka di Derbi North-West--jadi juara.
Benar saja, tuah Anfield berlaku bagi armada Roy Evans. John Barnes dan Jamie Redknapp mempersembahkan masing-masing satu gol untuk Liverpool, sedangkan David James tak membiarkan gawangnya dibobol lebih dari sekali oleh Alan Shearer maupun pemain lain.
ADVERTISEMENT
Skor akhir 2-1 untuk kemenangan klub empunya stadion. Ya, meski Rovers dilatih Sir Kenny Dalglish, publik Anfield hanya mau tunduk kepada satu tuan: Liverpool Fooball Club.
Di sana, semestinya, Tim Sherwood dan kolega sudah boleh menangis sedih. Akan tetapi, pria bernama Ludek Miklosko mengubah air mata mereka menjadi tangis bahagia.
Ludek Miklosko saat membela West Ham United. Foto: Mike Cooper/ALLSPORT via Getty Images
Pada Februari 1990, Lou Macari mendatangkan seorang kiper asal Cekoslowakia--yang kini telah pecah menjadi Republik Ceko dan Slowakia--ke skuat West Ham besutannya. Namanya Ludek Miklosko.
Namun, pada bulan yang sama, si pria Skotlandia berpisah jalan dengan tim London Timur tersebut. Macari ibarat hanya menjadi sosok yang mengantar Miklosko untuk memasuki kerasnya kompetisi Liga Inggris.
Tidak mudah baginya beradaptasi di Inggris. Sebab, di era ketika internet belum menjadi barang lumrah, orang-orang Inggris menganggap pemain-pemain dari luar liga top Eropa sebagai pria misterius, termasuk Miklosko, yang sebelumnya membela klub lokal bernama Banik Ostrava.
Banik Ostrava, klub asal Republik Ceko. Foto: Twitter/@fcbanikostrava
"Saat aku debut di laga kontra Swindon Town, kebanyakan dari mereka (fan West Ham) tak tahu banyak tentangku dan lalu mereka melihatku membuat blunder besar yang berujung kebobolan!" kata Miklosko di situs web resmi West Ham.
ADVERTISEMENT
Sebetulnya, Miklosko bukan kiper yang buruk. Kiper yang lahir di Prostejov (sekarang masuk wilayah Ceko) itu mampu mengisi pos kiper utama West Ham pada musim 1990/91 dan mengantar armada Billy Bonds promosi ke First Division.
Dari musim ke musim, Miklosko nyaris tak tergantikan di bawah mistar West Ham. Dia memang tak pernah menjuarai kompetisi bergengsi bersama tim medioker macam West Ham, tetapi aksinya membela West Ham asuhan Harry Redknapp pada 14 Mei 1995 layak dikenang selamanya.
Harry Redknapp. Foto: CARL COURT / AFP
Selama 45 menit babak pertama, Miklosko membuat lini depan skuat Sir Alex Ferguson frustrasi. Dia bahkan sempat tampak lebih baik ketimbang Peter Schmeichel yang dibobol gelandang West Ham, Michael Hughes, pada menit 31.
Namun, di menit 52, gawang Miklosko akhirnya jebol juga. Umpan tendangan bebas Gary Neville sukses diteruskan menjadi gol oleh kepala Brian McClair. 1-1.
Potret Brian McClair pada 2017. Foto: Kjetil Ree/Wikimedia Commons
Setelah itu, Mikloso tampil bak 'Superman'. Setidaknya ada dua peluang emas pemain Man United yang gagal berujung gol karena aksi gemilangnya menyelamatkan gawang sambil melompat, laiknya Superman yang terbang.
ADVERTISEMENT
Ada pula dua peluang tembakan jarak dekat penggawa Man United yang juga berhasil digagalkannya. Ya, itu pun membikinnya tampak gagah bak Superman.
Alhasil, Man United gagal memenangi laga tersebut dan otomatis gagal menjuarai Premier League. Mereka kalah satu poin dari Blackburn yang bertengger di puncak klasemen. Tipis.
Memang tidak banyak aksi Miklosko yang bisa banyak dikenang, bahkan bisa jadi orang-orang sudah lupa pernah ada kiper bernama Ludek Miklosko di Premier League. Parahnya lagi, generasi sekarang juga mungkin enggak kenal siapa dia.
Namun, performanya di laga 14 Mei 1995 barusan layak dikenang dalam catatan sejarah kompetisi paling elite di Inggris tersebut. Dia adalah momok bagi Man United dan pahlawan tanpa tanda jasa bagi Blackburn Rovers.
ADVERTISEMENT
Trivia: Lou Macari yang membawa Ludek Miklosko ke West Ham adalah eks penggawa Man United (1973-1984). Jadi secara enggak langsung, dia turut berkontribusi mengubur asa juara eks klubnya di laga pekan ke-42 Premier League 1994/95 itu.
---
Ayo, ikutan Home of Premier League dan menangi 1 unit SmartTV dan 2 Jersi Original klub Liga Inggris. Buruan daftar di sini.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten