Cruyff, Guardiola

Kisah Pep Guardiola Nyaris Direkrut Jadi Pemain Manchester City pada 2005

Situs web sepak bola terlengkap menampilkan berita sepak bola internasional, preview highlights pertandingan ligaEropa, klub dan pemain, statistik pertandingan.
31 Mei 2020 13:14 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Pep Guardiola memimpin Manchester City dalam laga melawan Dinamo Zagreb. Foto: Reuters/Antonio Bronic
ADVERTISEMENT

Yang kebanyakan publik tahu, relasi antara Manchester City dan Pep Guardiola baru dimulai per musim panas 2016, saat The Citizens merekrut pelatih berdarah Catalunya itu sebagai juru taktik. Namun ternyata, mereka pernah berhubungan jauh sebelum itu.

ADVERTISEMENT

Ini adalah kesaksian dari seorang eks pesepak bola Timnas Qatar, Hussein Yasser. Sekadar informasi, pemain keturunan Mesir ini tak asing-asing amat dengan sepak bola Eropa. Sebab, dia pernah bergabung dengan Manchester United pada 2002.

Akan tetapi, persoalan izin kerja menjadi kendala baginya untuk bisa membela 'Setan Merah'. Yasser sebenarnya berhasil mendapatkan paspor Belgia ketika dipinjamkan ke Royal Antwerp, tetapi Man United tetap melepasnya pada 2004.

Yasser lalu membela klub asal Cyprus, AEL Limassol (2004-2005); lalu mudik ke Qatar untuk membela Al Sadd (2005). Nah, di Liga Qatar-lah, dia bertemu dengan Guardiola yang berstatus sebagai pemain Al Ahli (2003-2005).

Read more!

Tak ada cerita menarik dari keberadaan mereka di Qatar. Hal menarik justru terjadi ketika Yasser yang masih 21 tahun diundang melakukan uji coba di Manchester City pada 2005.

ADVERTISEMENT

"Aku awalnya sempat pulang ke Belgia dulu untuk menemani istriku, orang Belgia, yang melahirkan anak kami. Ketika kembali [ke Manchester], aku bertemu Guardiola di Hotel Marriott!" kata Yasser kepada Planet Football.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Pep Guardiola saat masih main di Barcelona. Foto: La Liga

"Itu benar-benar lucu karena dia tadinya bermain di Qatar dan kami pun sempat memainkan satu atau dua laga untuk saling melawan satu sama lain," lanjutnya.

Kondisinya kala itu, Yasser sudah dikontrak secara permanen oleh Man City. Di sisi lain, Guardiola yang juga sempat berlatih bersama skuat arahan Stuart Pearce (pelatih Man City selama 2005-2007) memilih tak jadi bergabung.

Apa alasannya?

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustras logo lamai Manchester City. Foto: REUTERS/Jason Cairnduff

"Kami duduk di lapangan setelah latihan. [Guardiola] tidak bergabung karena [Pearce] hanya menawarinya kontrak enam bulan. Dia bilang, 'Aku punya keluarga ... Aku lebih suka pergi bermain golf atau pensiun saja'," kisahnya.

ADVERTISEMENT

Ya, begitulah cerita tentang Pep Guardiola yang nyaris menjadi pemain Man City. Faktanya, dia tak langsung pensiun usai uji coba dengan Man City, tetapi sempat bermain untuk klub Meksiko, Dorados, selama 2005-2006.

Editor: Katondio Bayumitra Wedya

---

Ayo, ikutan Home of Premier League dan menangi 1 unit SmartTV dan 2 Jersi Original klub Liga Inggris. Buruan daftar di sini.

Ini adalah rumah dan tempat berinteraksi para fans Liga Inggris di kumparan. Jangan lupa subscribe agar dapat update informasi terbaru soal jadwal dan ulasan serta peluang memenangkan tiket gratis nonton Premier League langsung di Inggris.