Mathew Ryan, kiper Brighton and Hove Albion

Donasi Peduli Kebakaran Hutan dari Mathew Ryan: 28.000 Dolar Australia

Supersoccer
Situs web sepak bola terlengkap menampilkan berita sepak bola internasional, preview highlights pertandingan ligaEropa, klub dan pemain, statistik pertandingan.
13 Januari 2020 9:17 WIB
comment
79
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Mathew Ryan, kiper Brighton and Hove Albion. Foto: REUTERS/Phil Noble
zoom-in-whitePerbesar
Mathew Ryan, kiper Brighton and Hove Albion. Foto: REUTERS/Phil Noble
ADVERTISEMENT
Dana sebesar 28.000 dolar Australia (sekitar Rp 265 juta) bakal didonasikan oleh Mathew Ryan, kiper asal Australia yang membela Brighton and Hove Albion, sebagai bentuk kepeduliannya terhadap kebakaran hutan yang melanda negara asalnya.
ADVERTISEMENT
Nominal itu didasarkan pada jumlah total penyelamatan yang dibuat oleh kiper-kiper yang turun laga di pekan ke-22 Premier League 2019/20, dikalikan 500 dolar Australia. Total, ada 56 penyelamatan dari 10 laga yang dimainkan.
Ryan memang sudah berjanji bakal berdonasi 500 dolar Australia untuk setiap penyelamatan yang dibikin oleh semua kiper tim Premier League yang turun laga di pekan ke-22 musim 2019/20. Jadi, bukan cuma penyelamatan yang dilakukannya.
Memang, The Seagulls kalah dari Everton dengan skor 1-0, tetapi Ryan tetap berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kampanyenya itu. Meski kebobolan satu gol, tapi kiper 27 tahun itu tercatat membuat lima kali penyelamatan.
Jumlah penyelamatan itu sama dengan yang dilakukan Nick Pope (Burnley), Paulo Gazzaniga (Tottenham Hotspur), dan Orjan Nyland (Aston Villa). Kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak pekan 22 adalah Kasper Schmeichel (Leicester City), yakni tujuh penyelamatan.
Kasper Schmeichel. Foto: REUTERS/Andrew Yates
ADVERTISEMENT
Ryan bakal mendonasikan uang itu ke WIRES Australian Wildlife Rescue Organisation, organisasi yang fokus pada penyelamatan satwa liar di New South Wales --kampung halaman Ryan. Di sana, menurut lansiran BBC, kebakaran hutan belum mereda, juga di South Australia dan Victoria.
"Terima kasih untuk semua atas dukungan luar biasa kalian sehubungan dengan situasi di negara [saya]. Berterima kasih kepada kalian semua karena telah berbagi, mendukung, meningkatkan kesadaran [darurat kebakaran hutan]," ujar Ryan di Twitter, Minggu (12/1/2020).
Kebakaran hutan di Australia di awal tahun 2020 ini memang bukan masalah sepele. Ini masalah besar. BBC melansir setidaknya 27 orang tewas.
Enggak cuma manusia, tapi satwa-satwa liar di Australia, termasuk satwa khas macam Kangguru dan Koala, juga banyak yang menjadi korban. Beberapa hewan itu terpanggang, habitat mereka rusak, hingga eksistensinya terancam punah.
ADVERTISEMENT
Selain itu, menurut NSW Rural Fire Service, tercatat lebih dari 2.000 rumah rusak dan lebih dari 640.000 hektare lahan hangus akibat kebakaran hutan di Australia ini. Beruntunglah, masih ada orang seperti Mathew Ryan yang masih mau peduli dengan Tanah Air-nya sendiri.
---
Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League. Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo buruan daftar di sini. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersey original.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten