1 Juni: Hari Bersejarah 2 Klub 'Merah', Bayern Muenchen dan Liverpool

Situs web sepak bola terlengkap menampilkan berita sepak bola internasional, preview highlights pertandingan ligaEropa, klub dan pemain, statistik pertandingan.
Konten dari Pengguna
1 Juni 2020 19:43 WIB
Tulisan dari Supersoccer tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi fans Bayern Muenchen dan Liverpool. Foto: REUTERS/Michael Dalder & AFP/Pierre-Philippe Marcou
Ilustrasi fans Bayern Muenchen dan Liverpool. Foto: REUTERS/Michael Dalder & AFP/Pierre-Philippe Marcou
ADVERTISEMENT

Bayern Muenchen punya julukan Die Roten, sedangkan Liverpool terkenal dengan sebutan The Reds. Dalam Bahasa Indonesia, dua julukan itu arti harfiahnya sama: Si Merah.

ADVERTISEMENT

Pasalnya, secara turun-temurun, jersi kandang kedua klub itu memang didominasi warna merah. Tak pelak, 'merah' menjadi identitas khas yang melekat dengan citra mereka.

Selain itu, kesamaan Liverpool dan Bayern tak cuma perkara warna jersi kandang, melainkan juga soal sejarah yang mereka ukir di bulan Juni. Ya, pada tanggal pertama bulan keenam dalam kalender masehi, keduanya mengunci prestasi.

Pencapaian apa yang mereka raih pada 1 Juni? Simak ulasan kami berikut ini.

Read more!

Bayern Muenchen

Pada 1 Juni 2013, Bayern Muenchen memenangi laga kontra VfB Stuttgart di final DFB Pokal. Mereka menang 3-2 berkat gol Thomas Mueller dan brace Mario Gomez, sedangkan tim lawan (yang juga dijuluki Die Roten) hanya mampu memperkecil kekalahan lewat dwigol Martin Harnik.

ADVERTISEMENT

Sekilas, tak ada yang spesial dari Bayern menjuarai DFB Pokal. Lha wong, itu adalah kompetisi yang telah mereka menangi lebih dari 15 kali--total 19 kali hingga musim 2018/19.

Namun, titel DFB Pokal pada musim itu terasa sangat spesial. Sebab, gelar juara tersebut melengkapi raihan treble Bayern pada musim 2012/13. Beberapa hari sebelumnya, mereka sudah lebih dahulu mengunci titel Bundesliga dan Liga Champions.

Liverpool

1 Juni bakal selalu dikenang Liverpool dan para suporternya sebagai 'Hari Pembalasan' atau 'Hari Pelampiasan'. Sebab, pada 1 Juni 2019, klub asal Merseyside itu menuntaskan kerinduan untuk kembali mengangkat trofi 'si Kuping Besar'.

Pada ajang Liga Champions musim sebelumnya, Jordan Henderson dan kolega juga sebetulnya mencapai final. Namun sayang, mimpi juara mereka dikandaskan oleh Real Madrid.

ADVERTISEMENT

Nah, semusim berselang, armada Juergen Klopp menuntaskan rasa penasaran itu. Mohamed Salah yang menjadi pesakitan di final tahun sebelumnya menjelma sebagai pahlawan dengan mencetak satu gol via sepakan penalti, sementara satu gol lagi dibukukan oleh Divock Origi.

Liverpool menang 2-0 atas Tottenham Hotspur, klub dengan jersi kebanggaan berwarna putih laiknya Los Blancos. Uniknya lagi, mereka mengalahkan The Lilywhites di Ibu Kota Spanyol, tepatnya di Wanda Metropolitano yang merupakan markas Atletico Madrid--tetangga plus rival sekota Real Madrid.

Editor: Katondio Bayumitra Wedya

---

Ayo, ikutan Home of Premier League dan menangi 1 unit SmartTV dan 2 Jersi Original klub Liga Inggris. Buruan daftar di sini.