Perpustakaan dan Coworking Space Gratis di Jakarta

Suparman
Pustakawan di Perpustakaan Nasional RI
Konten dari Pengguna
24 Mei 2022 13:57 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Suparman tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Adanya kebijakan terkait pandemi Covid-19 yang mengharuskan pelajar, mahasiswa maupun pekerja untuk melakukan kegiatan di rumah, seperti sekolah daring, kuliah daring dan work from home (WFH) memiliki keterbatasan ruang dan suasana dalam menjalani kegiatan sehari - hari. Apabila kita terus - menerus berkegiatan di rumah dengan kondisi dan suasana yang sama, mungkin akan membuat kita mudah merasa bosan dan stres. Untuk mengatasi hal tersebut bisa diantisipasi dengan sesekali mengunjungi perpustakaan ataupun coworking space yang menyediakan segala fasilitas untuk kebutuhan kita belajar, kuliah atau WFH, seperti Wi-Fi, ruang ber AC dan sebagainya yang tentunya gratis agar kita mendapatkan suasana baru.
ADVERTISEMENT
Berikut rekomendasi 5 perpustakaan dan coworking space gratis di Jakarta:
Ilustrasi. Foto oleh Marley Clovelly dari Pexels
Perpustakaan ini lokasinya di Kav S- Setiabudi, Jalan H. R. Rasuna Said Blok C No.3, RT.8/RW.3, Kuningan Timur, Jakarta. Koleksinya didominasi buku berbahasa Belanda tetapi ada juga buku berbahasa Indonesia dan Inggris. Suasananya sangat kondusif untuk bekerja atau mengerjakan tugas kuliah. Untuk menjadi anggota cukup dengan membayar Rp30.000,00 pengunjung sudah bisa meminjam buku sebanyak tiga eksemplar.
Ilustrasi. Foto oleh Pixabay dari Pexels
Perpustakaan ini lokasinya di Wisma Bakrie I, Jalan H. R. Rasuna Said, RT.5/RW.5, Kuningan, Jakarta. Secara umum koleksi buku di sini berbahasa Inggris yang terdiri dari subjek politik, fiksi, agama dan sebagainya. Untuk menjadi anggota di perpustakaan ini tidak dikenakan biaya tetapi anggota juga tidak diperkenankan untuk meminjam bukunya, hanya bisa dibaca di tempat saja.
ADVERTISEMENT
Ilustrasi. Foto oleh Visual Tag Mx dari Pexels
Jakarta Creative Hub berfungsi untuk memfasilitasi individu, komunitas lokal dan institusi yang memiliki keterbatasan akses akan ruang dan akomodasi kreatif. Di sana tersedia berbagai fasilitas, seperti ruang kelas, co office, ruang pameran, makerspace dan lain - lain. Lokasinya ada di Jalan Kebon Melati 5 No. 20, RT.2/RW.8, Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.
Ilustrasi. Foto oleh Kampus Production dari Pexels
Perpustakaan ini lokasinya di tengah kota dekat dengan Mal F. X. Sudirman. Perpustakaannya ada di Gedung A Lantai 1 dan Mezanin. Kebanyakan koleksinya tentang pendidikan dan kebudayaan. Tempatnya sangat nyaman untuk bekerja ataupun mengerjakan tugas. Layanannya gratis dan tidak perlu jadi anggota untuk berkunjung, tetapi jika pengunjung ingin meminjam koleksi buku atau DVD pengunjung harus menjadi anggota terlebih dahulu. Untuk menjadi anggota hanya perlu menyiapkan KTP dan meterai saja. Sayangnya saat ini Perpustakaan Kemendikbud belum buka untuk umum, kita doakan semoga segera buka lagi supaya kita bisa berkunjung ke sana.
ADVERTISEMENT
Co Working Space Galeri Kepresidenan Perpusnas. Sumber: Dokumen Pribadi
Bisa menjadi pilihan utama karena sangat luas dan lengkap fasilitasnya. Sekarang sudah ada coworking space baru yang disediakan oleh Perpusnas, lokasinya ada di Gedung Galeri Kepresidenan. Di sini, pengunjung bisa bekerja atau berdiskusi sambil menikmati hijaunya pemandangan di depan gedung Galeri Kepresidenan. Pengunjung perlu melakukan pemesanan terlebih dahulu untuk memakai tempatnya, silakan hubungi petugasnya dan mengisi formulir pemesanan yang sudah disediakan. Satu lagi kelebihan coworking space di Galeri Kepresidenan ini, pengunjung tidak perlu antre lift untuk naik ataupun turun karena lokasinya berada di gedung paling depan, jadi pengunjung bisa menghemat waktu untuk menjangkaunya. Demikian rekomendasi perpustakaan dan coworking space gratis di Jakarta. Semoga bermanfaat dan pembaca berkesempatan untuk mengunjungi dan memanfaatkannya.
ADVERTISEMENT