Chicharito Ungkap Sebab Kegagalan David Moyes Bersama MU

Konten dari Pengguna
31 Mei 2020 16:55 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sportainment tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
David Moyes (kanan) dan Robin van Persie. Foto: AFP/ANDREW YATES
zoom-in-whitePerbesar
David Moyes (kanan) dan Robin van Persie. Foto: AFP/ANDREW YATES
ADVERTISEMENT
Javier ‘Chicharito’ Hernandez mengungkap penyebab kegagalan David Moyes bersama Manchester United. Bagi penyerang asal Meksiko tersebut, sifat keras kepala Moyes membuatnya hanya bisa bertahan selama tujuh bulan.
ADVERTISEMENT
Seperti yang diketahui, Moyes sempat ditunjuk sebagai pengganti Sir Alex Ferguson pada 2013 silam. Namun, alih-alih jadi penerus manajer legendaris asal Skotlandia tersebut, Moyes hanya bertahan selama tujuh bulan bersama Setan merah.
Kala itu, United memang memulai musim dengan buruk, hanya menang dua kali dari enam laga. Karena itu juga, sepanjang musim United hanya berkutat di papan tengah. Puncaknya, tiga hari setelah kalah dari mantan klub, Everton, pada 20 April 2013, Moyes dipecat.
David Moyes (Foto: Lee Smith/Reuters )
Mengutip dari Daily Mail, bukan karena buruk dalam segi taktik, Chicharito menilai Moyes tak meneruskan warisan Sir Alex dan terlalu keras kepala. Itu jadi sebab United terpuruk dan eks pelatih Preston North End itu dipecat.
“Masalahnya, saya tak mengerti bagaimana mungkin kamu tak begitu merendah atau tak cukup pintar untuk mempertahankan, setidaknya setengah dari apa yang diwariskan kepadamu, bagaimana (Sir Alex) melakukannya karena dia yang terbaik sepanjang masa,” kata Chicharito.
ADVERTISEMENT
Bagi penyerang yang saat ini bermain untuk LA Galaxy tersebut, sikap keras kepala yang menolak untuk mengikuti cara Ferguson mengurus tim jadi penyebab masa baktinya Moyes hanya bertahan selama tujuh bulan.
Bagi Man. United, selalu enak zaman Ferguson. (Foto: Youtube)
“Karena itulah dia (Moyes) hanya bertahan selama tujuh bulan. Dia sangat keras kepala dan dia tak punya kemampuan untuk beradaptasi dan menerima perkembangan. Kamu harus berkembang bila ingin berada di United,” ujar eks pemain West Ham tersebut.
Hanya saja, bagi Chicharito, tak sepenuhnya kesalahan ada pada Moyes. Menurutnya, pihak klub yang memutuskan untuk menunjuk pelatih asal Skotlandia tersebut juga mesti bertanggung jawab.
“Itu adalah kesalahan pertama yang masih menghantui. Bukan karena dia, dia bukan manajer yang buruk, tetapi mereka berpikir bisa mendapatkan pengganti bos seperti Sir Alex begitu cepat. Tidak mungkin!” kata Chicharito.
ADVERTISEMENT
Tujuh tahun berlalu, kini klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut dilatih eks pemain mereka, Ole Gunnar Solskjaer. Mendapat kepercayaan dari petinggi klub, manajer asal Norwegia itu pun diharapkan bisa membawa United ke masa kejayaan. (bob)