5 Pemain Sepak Bola yang Beralih Profesi Jadi Pejabat Publik

Konten dari Pengguna
20 Februari 2020 23:54 WIB
Tulisan dari Sportainment tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Kakhaber Kaladze ketika masih berkostum AC Milan pada 2008. Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo
Kakhaber Kaladze ketika masih berkostum AC Milan pada 2008. Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo
ADVERTISEMENT

Pemain sepak bola kini merupakan impian sejumlah kaum adam di penjuru dunia. Gaji berlimpah dan ketenaran menjadi alasan utama menggeluti profesi olahraga yang mengandalkan kekuatan kaki ini.

ADVERTISEMENT

Banyak pesepak bola dunia meraih kesuksesan dan tidak sedikit juga yang gagal bersinar. Namun, jika seorang pesepak bola meraih kesuksesan, tentunya gaji selangit dan fasilitas mewah akan selalu berada di sekitarnya. Tak hanya itu, godaan dari kaum hawa juga menjadi keuntungan besar jika menjadi pemain sepak bola yang sukses.

Nama-nama seperti Cristiano Ronaldo, David Beckham, Neymar, Ronaldinho dan lain sebagainya merupakan empat contoh pemain sepak bola yang sukses. Walau tak mudah meraihnya, namun hampir di seluruh dunia ingin menjadi menggeluti profesi ini.

Tapi bagaimana jika pesepak bola pensiun? Apakah tetap sukses? Atau sebaliknya. Untuk melanjutkan hidup, sejumlah mantan pesepak bola seperti Pele, Romario, Kaka, Sol Campbell dan lain sebagainya beralih profesi menjadi pebisnis, politisi atau bahkan pemusik. Namun tak sedikit juga yang mengalami kemiskinan bahkan sampai menjadi gelandangan seperti Leite Adriano. Mantan pemain timnas Brazil dan Inter Milan dikabarkan kini menjadi gelandangan dan bahkan membutuhi kebutuhannya setiap hari tidak terpenuhi.

ADVERTISEMENT

Terlepas dari itu, banyak pesepak bola yang beralih menjadi pejabat publik atau bahkan Presiden. Melansir dari Planet Football, berikut lima mantan pesepak bola dunia yang beralih profesi menjadi pejabat publik.

  1. George Weah

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Mantan pemain AC MIlan, Geiorge Weah yang menjadi pejabat publik sebagai Presiden Liberia. Foto: REUTERS/Thierry Gouegnon

George Weah merupakan mantan punggawa AC Milan di era 1992- 1995. Pria kebangsaan Liberia ini pernah mencicipi dua kali gelar Liga Serie A Italia dan meraih Ballon D'or pada 1995. Selain itu, selama memperkuat Rossoneri, George Weah telah mencetak 46 gol dari 114 kali bermain.

Selain berkostum AC Milan, Weah juga pernah memperkuat AS Monaco dan Paris Saint-Germain. Namun setelah pensiun dari dunia sepak bola, George Weah beralih profesi di dunia politik dengan menjadi anggota senat dari Partai Demokrat pada 2014. Selanjutnya, pada 2018 karier politik Weah meningkat dengan terpilih sebagai Presiden Liberia pada 2018 hingga saat ini.

ADVERTISEMENT
  1. Roman Pavlyuchenko

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Mantan pemain Tottenham Hotspur, Roman Roman Pavlyuchenko menjadi Deputi Partai United Rusia. Foto: REUTERS/Stephen Hird

Roman Pavlyuchenko adalah mantan punggawa Tottenham Hotspur pada 2008. Ia bergabung dengan Spurs usai tampil apik bersama timnas Rusia pada Piala Eropa di tahun yang sama. Bahkan pada tahun tersebut nama Pavlyuchenko sangat terkenal di negaranya Rusia.

Akibat itu, sang pemain pun terpilih sebagai Deputi Partai United Rusia di era Presiden Vladimir Putin. Namun walau terpilih sebagai sebagai anggota partai politik, Roman Pavlyuchenko akhirnya fokus ke dunia sepak bola pada 2012 setelah bergabung dengan Lokomotiv Moscow.

  1. Pele

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Mantan pemain timnas Brazil, Pele menjadi Menteri Olahraga Brazil. Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes

Siapa yang tidak kenal dengan nama pesepak bole Pele. Hampir di seluruh dunia tentu mengenal Pele yang pernah meraih piala dunia bersama timnas Brazil sebanyak tiga kali yakni pada 1958, 1962, dan 1970. Namun, di balik kesuksesannya itu, banyak orang mungkin tidak mengetahui bahwa sang ikon sepak bola dunia itu pernah menjadi pejabat publik usai pensiun dari dunia sepak bola.

ADVERTISEMENT

Pada 1995 hingga 2001, Pele ditunjuk sebagai menteri olahraga Brazil. Saat penunjukkannya itu, dunia olahraga Brazil tengah terpuruk karena banyaknya praktik korupsi di sejumlah instansi di bawah kementerian olahraga Brazil.

  1. Zico

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Mantan pemain timnas Brazil, Zico menjadi Menteri Olahraga Brazil. Foto: REUTERS/Pilar Olivares

Selain Pele, mantan punggawa Brazil lainnya yakni Zico juga pernah menduduki sebagai pejabat publik. Pada 1990 alias sebelum Pele menjabat sebagai menteri olahraga, Zico lebih dulu menempati kementerian tersebut. Pada tahun itu, pria kelahiran 1953 menjadi menteri olahraga. Namun karena sejumlah anggota DPR Brazil tidak mendukungnya, masa jabatan Zico pun hanya bertahan satu tahun saja alias berakhir pada 1991.

  1. Kakhaber Kaladze

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Mantan pemain AC Milan, Kakhaber Kaladze, menjadi Menteri Pembangunan Daeran dan Infrastruktur Georgia dan Wali Kota Tbilisi, Georgia. Foto: REUTERS/Pilar Olivares

Kakhaber Kaladze atau Kakha Kaladze menjadi satu dari sekian mantan pesepak bola dunia yang menjadi pejabat publik usai pensiun dari dunia sepak bola. Sebelum terjun ke dunia politik, Kaladze merupakan mantan pemain AC Milan di tahun 2001-2010. Selama berkostum merah-hitam, Kaladze berhasil meraih gelar Liga Serie Italia, Coppa Italia dan Liga Champions.

ADVERTISEMENT

Selama sembilan tahun di AC Milan, Kaladze kemudian pindah ke Genoa dan bermain selama dua tahun yakni 2010-2012. Usai pensiun dari sepak bola, pada September 2012, Kakha Kaladze ditunjuk sebagai Menteri Pembangunan Daeran dan Infrastruktur di negaranya Geogia. Setelah menjadi menteri, karier politik mantan punggawa AC Milan itu melejit pada 2017 usai terpilih menjadi Wali Kota Tbilisi, Georgia. Pada saat itu, Kaladze mengungguli pesaingnya yakni Zaal Udumashvili. (fre)