Coba 10 Cara Alami Hilangkan Ketombe

Skata
SKATA adalah sebuah inisiatif digital yang mendukung pemerintah Indonesia dalam membangun keluarga melalui perencanaan yang lebih baik. SKATA lahir tahun 2015 melalui kerjasama antara Johns Hopkins CCP dan BKKBN.
Konten dari Pengguna
16 September 2022 9:49 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Skata tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Coba 10 Cara Alami Hilangkan Ketombe
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hampir semua merk sampo memiliki varian anti ketombe. Ini menandakan bahwa masih banyak orang yang memiliki masalah ketombe. Tak hanya rasa gatal di kulit kepala atau bercak keputihan di baju, ketombe juga bisa membuat kita tidak pede. Saat berbagai sampo dicoba dan tak membuahkan hasil, mungkin kita perlu mencoba cara alami untuk menghilangkan ketombe.
ADVERTISEMENT
Apa sebenarnya ketombe?
Ketombe merupakan permasalahan pada kulit kepala yang ditandai dengan gatal dan adanya serpihan kulit putih di kulit kepala. Terkadang serpihan kulit ini akan menumpuk dan berminyak, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Ketombe dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kulit kering, dermatitis seboroik, terlalu sensitif terhadap produk rambut, dan pertumbuhan jenis jamur tertentu di kulit kepala.
Untuk menghilangkan ketombe, kita bisa mencoba cara alami dengan menggunakan:
1. Tea tree oil
Secara historis, tea tree oil atau “minyak pohon teh” telah digunakan untuk mengobati jerawat dan psoriasis. Tea tree oil ini juga terbukti memiliki sifat antimikroba dan antiradang yang dapat membantu meringankan gejala ketombe. Dikutip dari healthline.com, tea tree oil dapat efektif melawan jenis jamur tertentu yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe.
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah penelitian, 126 orang berketombe mencoba sampo yang mengandung minyak pohon teh 5%. Setelah 4 minggu, keparahan ketombe mereka berkurang sebesar 41%. Jadi, tak ada salahnya dicoba.
2. Minyak kelapa
Terkenal karena berbagai manfaat kesehatannya, minyak kelapa juga digunakan sebagai obat alami untuk ketombe. Minyak kelapa bekerja dengan cara meningkatkan kelembaban kulit, mencegah kekeringan yang dapat memperburuk ketombe. Satu studi menemukan bahwa dengan mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala akan mengurangi gejala ketombe sebesar 68%.
3. Lidah buaya
Lidah buaya adalah bahan yang sering ditambahkan ke salep kulit, kosmetik, dan losion. Ketika dioleskan ke kulit, ini dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti luka bakar dan psoriasis. Menurut satu ulasan, sifat antibakteri dan antijamur lidah buaya juga dapat melindungi dari ketombe.
ADVERTISEMENT
4. Cuka sari apel
Cuka sari apel telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan dan sering digunakan sebagai obat alami untuk ketombe. Itu karena keasaman cuka dipercaya membantu merangsang pelepasan sel-sel kulit mati di kulit kepala. Cuka sari apel juga dikatakan menyeimbangkan pH kulit kita untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan dengan demikian melawan ketombe secara alami.
Jika ingin mencoba cuka sari apel, tambahkan beberapa sendok makan ke sampo atau kombinasikan dengan minyak esensial dan semprotkan langsung ke rambut kita, diamkan selama 15 menit sampai 1 jam, kemudian bilas. Ulangi ini dua kali seminggu.
5. Aspirin
Asam salisilat adalah salah satu senyawa utama dalam aspirin yang memiliki sifat antiradang. Asam ini juga merupakan bahan dalam banyak sampo anti ketombe. Cara kerjanya adalah dengan membantu menghilangkan kulit bersisik sehingga ketombe mudah dihilangkan. Untuk obat ketombe yang mudah, coba hancurkan dua tablet aspirin dan tambahkan ke sampo sebelum keramas.
ADVERTISEMENT
6. Omega-3
Asam lemak omega-3 tak hanya penting untuk fungsi jantung, sistem kekebalan, dan paru-paru, namun juga bagus untuk kesehatan kulit. Fungsinya untuk kulit yaitu membantu mengelola produksi minyak dan menjaga kelembaban, mempercepat penyembuhan luka, dan mencegah penuaan dini. Ikan berlemak seperti salmon dan mackerel adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Jadi, untuk menghilangkan ketombe dari dalam secara alami, konsumsi suplemen minyak ikan atau perbanyak asupan makanan kaya omega-3 tadi, maupun sumber lain seperti biji chia dan kenari.
7. Probiotik
Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk perlindungan alergi, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan penurunan berat badan. Bakteri ini juga dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, yang dapat membantu tubuh kita melawan infeksi jamur penyabab ketombe secara alami.
ADVERTISEMENT
Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik selama 56 hari secara signifikan mengurangi keparahan ketombe pada 60 orang. Probiotik banyak tersedia dalam bentuk suplemen berbagai dosis, juga dapat ditemukan pada makanan/minuman fermentasi, seperti kombucha, kimchi, tempe, asinan kubis, dan natto.
8. Bubuk soda kue
Soda kue adalah salah satu obat ketombe yang alami, mudah, dan murah. Diyakini bertindak sebagai exfoliant (pengelupas) lembut untuk mengangkat sel kulit mati, mengurangi sisik dan gatal, juga memiliki sifat antijamur yang mungkin bermanfaat untuk pengobatan ketombe.
Cara pakainya, soda kue langsung ke rambut basah dan pijat kulit kepala. Biarkan selama 1-2 menit, lalu lanjutkan keramas seperti biasa.
9. Hindari makanan tertentu
ADVERTISEMENT
Meskipun hubungan antara makanan dan ketombe masih perlu diteliti lebih lanjut, beberapa orang mungkin menemukan bahwa membatasi konsumsi makanan tertentu dapat mengurangi peradangan, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala.
Beberapa makanan yang mungkin bisa dibatasi adalah karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta putih, tortilla, kerupuk, gorengan, makanan dan minuman manis. Mengubah pola makan kita mungkin dapat mengurangi peradangan dan mencegah infeksi jamur, yang dapat membantu menghilangkan ketombe secara alami.
10. Minimalkan tingkat stres
Menghilangkan ketombe secara alami tak harus dioleskan dari luar, namun bisa dari dalam yaitu dengan cara mengurangi stres. Meskipun stres itu sendiri tidak menyebabkan ketombe, ternyata stres dapat memperburuk gejala seperti kulit kepala yang sangat kering dan gatal.
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah penelitian pada 166 orang dengan dermatitis seboroik, yang merupakan salah satu penyebab paling umum ketombe, sekitar 28% melaporkan bahwa stres adalah pemicunya. Untuk menjaga tingkat stres tetap terkendali, kita dapat mencoba teknik pengurangan stres seperti meditasi, yoga, pernapasan dalam, atau aromaterapi.
Kalau tetap berketombe, gimana Dok?
Meskipun ada 10 cara mengpbati ketombe secara alami, pengobatan tambahan mungkin saja tetap diperlukan, misal jika ketombe tidak hilang setelah 2-3 minggu menggunakan cara alami, atau gejala yang dirasakan semakin parah. Nah, jika itu terjadi kamu bisa menggunakan produk sampoo anti ketombe atau kamu bisa konsultasikan dengan dokter spesialis kulit ya, agar ketombe sembuh lebih cepat dan tuntas.