Makanan Jangkrik yang Bagus agar Cepat Besar

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
6 Juni 2023 18:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Makanan Jangkrik. Foto: dok. Wolfgang Hasselmann (Unsplash)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Makanan Jangkrik. Foto: dok. Wolfgang Hasselmann (Unsplash)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Makanan jangkrik adalah daun pepaya yang segar. Selain daun pepaya, masih ada banyak jenis makanan jangkrik yang dapat diberikan agar jangkrik tumbuh besar dengan cepat.
ADVERTISEMENT
Sederet makanan jangkrik yang bagus dalam artikel ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk memberikan pakan yang tepat agar jangkrik yang diternak dapat tumbuh sehat dan cepat besar.

Ragam Makanan Jangkrik Terbaik yang Bagus agar Cepat Besar

Ilustrasi Makanan Jangkrik. Foto: dok. Ivan Ivanovič (Unsplash)
Jangkrik adalah hewan yang termasuk ke dalam kategori serangga pemakan segala, khususnya dedaunan. Serangga ini memiliki habitat di dalam daun-daunan atau pepohonan. Pembahasan mengenai jangkrik dijelaskan secara lengkap dalam buku berjudul Budi Daya Jangkrik yang disusun oleh Ade Yusdira, ‎Syarif Hidayatullah, ‎Tim Krotobond (2016: 14).
Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa jangkrik merupakan serangga yang berhabitat di rerumputan, pekarangan, atau rimbun dedaunan. Jangkrik memiliki nama latin Gryllus sp., termasuk dalam famili Gryllidae. Jangkrik umumnya hidup bergerombol di alam bebas. Biasanya jangkrik bersembunyi di lipatan daun-daunan atau dalam bongkahan tanah.
ADVERTISEMENT
Jangkrik berkomunikasi dengan cara mengepakkan sayapnya. Dari kepakkan sayap mereka, akan terdengar suara mengerik yang khas. Namun hanya jangkrik jantan yang dapat mengeluarkan suara mengerik tersebut. Suara yang dikeluarkan jangkrik jantan digunakan untuk menarik perhatian jangkrik betina.
Jangkrik termasuk salah satu hewan nokturnal atau banyak beraktivitas di malam hari. Oleh sebab itu, jangkrik seringkali mencari makan di malam hari. Makanan yang banyak dicari jangkrik adalah daun-daunan hijau. Hal ini selaras dengan yang dijelaskan dalam buku berjudul Yang Unik Dari Si Pengerik Ulung yang ditulis oleh Mia Yuniati, ‎Dede Abdurohman (2012: 4).
Dikutip dari dalam buku tersebut bahwa makanan utama jangkrik adalah daun-daunan, umbi-umbian, dan sayur-sayuran yang tumbuh di sawah atau tegalan, di semak-semak atau di hutan-hutan. Berikut ini adalah ragam makanan jangkrik yang bagus untuk pertumbuhannya:
ADVERTISEMENT

1. Sawi putih

Sayuran satu ini dapat diberikan untuk jangkrik dewasa. Sawi memiliki kandungan air yang banyak dan memiliki teksturnya yang lunak. Sawi dapat diperoleh dengan mudah di pasar atau toko sayur terdekat. Pastikan sawi yang akan diberikan pada jangkrik telah dicuci bersih agar jangkrik tidak mati akibat pestisida yang masih menempel pada sawi.

2. Daun dan batang pohon pepaya

Daun dan batang dari pohon pepaya ini merupakan salah satu makanan yang bagus untuk jangkrik. Sebelum memberikan daun dan batang pohon pepaya, rendam daun pepaya terlebih dahulu lalu tiriskan hingga kering. Sebaiknya daun dan batang pohon pepaya tidak diberikan pada jangkrik dalam kondisi terlalu basah maupun tidak terlalu kering.

3. Kangkung

Sayuran hijau satu ini sangat bagus untuk perkembangan jangkrik. Makanan jangkrik satu ini juga dapat didapatkan dengan mudah. Kangkung dapat dibeli di pasar atau toko sayuran terdekat. Saat akan memberikan kangkung untuk jangkrik, pastikan kangkung sudah dicuci bersih dengan air mengalir hingga pestisida yang menempel di bagian daun hilang.
ADVERTISEMENT

4. Batang dan daun pisang

Makanan jangkrik satu ini mengandung nutrisi dan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan air serta gizi jangkrik. Daun pisang terbaik yang dapat diberikan untuk jangkrik adalah batang dan daun pisang yang masih segar dan belum busuk. Sedangkan batang atau gedebok pisang yang terbaik untuk jangkrik adalah batang pisang kering yang mengandung air kurang dari 50%.
Demikian ulasan tentang makanan jangkrik yang terbaik dan bagus untuk pertumbuhan jangkrik. Makanan ini dapat diberikan secara rutin sesuai dengan usia jangkrik. (DAP)