Ciri-Ciri Burung Merpati yang Sehat dan Berkualitas

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
9 Mei 2023 19:09 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Ciri-ciri Burung Merpati. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Ciri-ciri Burung Merpati. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada beberapa ciri-ciri burung merpati sehat dan berkualitas yang sebaiknya diketahui sebelum membelinya.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Cara Beternak Merpati oleh Suparman, burung merpati adalah salah satu jenis burung dengan penampilan menarik dan manis. Burung ini juga sangat dekat dengan manusia. Tak ayal jika burung merpati menjadi salah satu jenis burung dengan banyak peminat.
Sebelum memutuskan untuk memelihara burung merpati, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai ciri-ciri burung merpati yang sehat dan berkualitas.

Ciri-Ciri Burung Merpati yang Sehat dan Berkualitas

Ilustrasi Ciri-ciri Burung Merpati. Sumber: Unsplash
Ciri-ciri burung merpati yang sehat dan berkualitas sebenarnya mudah untuk ditemukan. Namun, bagi sebagian orang awam tentunya ciri-ciri tersebut sedikit susah untuk dilihat. Berikut ini beberapa ciri dari burung merpati yang sehat:

1. Bentuk Kepala

Burung merpati mempunyai bentuk kepala yang unik. Ketika dilihat dari sisi miring, maka bentuknya terlihat seperti kepala batok. Bahkan bentuk tersebut sering menjadi ukuran kualitas burung merpati.
ADVERTISEMENT

2. Bagian Leher

Leher burung merpati mempunyai ukuran lebih panjang daripada jenis burung lainnya. Bentuk leher yang panjang memudahkan burung untuk melihat ke berbagai arah saat terbang.

3. Bentuk Paruh

Paruh burung merpati mempunyai ukuran cenderung kecil dengan ujung lancip. Bentuk tersebut berguna sebagai salah satu ukuran kualitas burung merpati.

4. Warna Mata

Burung merpati mempunyai warna pupil dan kornea mata yang berbeda. Perpaduan warna tersebut umumnya adalah kuning dan sebagian burung lain mempunyai perpaduan antara merah tua dengan hijau tua. Untuk mengetahui warna mata burung harus dilakukan dengan detail di tempat teduh.

5. Postur Tubuh

Burung merpati memiliki postur tubuh yang tidak terlalu kurus dan tidak gemuk, yaitu cukup ideal. Dengan bentuk tubuh demikian, burung ini dapat terbang dengan bebas.

6. Sayap

Sayap yang dimiliki burung merpati cenderung besar. Ukuran tersebut akan memudahkan burung untuk terbang secara optimal. Inilah mengapa merpati sering menjadi burung yang senang dilombakan.
ADVERTISEMENT

7. Hidung

Hidung burung merpati terletak antara mata dan paruhnya. Bagi orang yang belum memahami burung merpati, tentunya hal ini akan sulit untuk ditemukan.
Demikian sekilas mengenai beberapa ciri-ciri burung merpati yang sehat dan berkualitas. (LAU)