4 Cara Membuat Latte Art yang Cocok untuk Pemula

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
11 Maret 2023 17:30 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi 4 cara membuat latte art yang cocok untuk pemula. Sumber: Daria Yakovleva/pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi 4 cara membuat latte art yang cocok untuk pemula. Sumber: Daria Yakovleva/pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kamu pasti sering melihat secangkir kopi yang memiliki hiasan gambar di atasnya. Itulah yang dinamakan sebagai latte art. Cara membuat latte art umumnya menggunakan mesin espresso. Namun, tidak semua orang, khususnya pemula memiliki mesin espresso di rumah.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, kamu tetap bisa membuatnya, loh. Latte art adalah sebuah seni untuk menghias secangkir kopi espresso. Umumnya latte art menggunakan bahan berupa coffee latte atau cappucino.
Liwei Hsu dan Yen Jung Chen dalam buku Does Coffee Taste Better with Lattee Art? A Neuroscientific Perspective mengungkapkan bahwa sebuah kopi yang dihias menggunakan latte akan mempengaruhi cita rasanya.
Untuk mengetahui penjelasan mengenai cara membuat latte art, yuk, simak dalam artikel ini!

Cara Membuat Latte Art

Ilustrasi cara membuat latte art. Sumber: sharonang/pixabay.com
Latte art sudah ada sejak zaman 1980-an. Penemu dari latte art adalah seseorang yang berasal dari Amerika Serikat dan Italia, yaitu Davin Schomer beserta Luigi Lupi.
Cara membuat latte art ini membutuhkan ketelitian, khususnya ketika membentuk hiasan di dalam cangkir. Penasaran? Yuk simak uraiannya sebagai berikut.
ADVERTISEMENT

1. Menyiapkan Bahan

Cara membuat latte art yang pertama adalah mempersiapkan bahan. Bahan yang dibutuhkan tidak banyak, kamu bisa menyiapkan aerolatte milk frother, microwave, alat pembuat espresso, serta termos stainless steel.

2. Membuat Espresso

Ada dua cara untuk membuat espresso di rumah. Kamu bisa membuatnya dengan bantuan alat minipresso, handpresso, aeropresso, ataupun rok presso.
Masing-masing alat tersebut memiliki kinerja berbeda. Kamu bisa memilih alatnya sesuai ketersediaan di rumah.
Melalui bubuk kopi yang diseduh menggunakan alat itu, akan menghasilkan kopi espresso. Apabila tidak memiliki alat di rumah, kamu juga bisa menggunakan cara penyeduhan manual.

3. Memanaskan Susu

Cara berikutnya adalah memanaskan susu. Susu yang dipanaskan ini disebut dengan istilah steamed milk atau foam milk. Susu yang dipanaskan inilah yang menjadi bahan utaman pembuatan coffee latte.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa memanaskannya ke dalam termos stainless steel dan kocok selama 1 menit hingga susu menghasilkan busa.
Apabila susu telah berbusa, kamu bisa memasukkannya ke dalam cangkir dan panaskan kembali pada microwave. Langkah ini bisa dilakukan selama 30 detik saja. Nantinya, susu akan berubah menjadi foam.

4. Meracik Coffee Latte

Langkah berikutnya adalah membuat latte art. Pertama, tuangkan kopi espresso ke dalam cangkir terlebih dahulu. Pastikan pula kopi tersebut ada dalam keadaan hangat.
Selanjutnya, kamu bisa memasukkan foam susu ke dalamnya. Ingat, jangan menuangnya hingga penuh! Cukup ratakan foam tersebut dengan menggunakan sendok.
Kalau sudah, saatnya membuat latte art. Kamu bisa menggunakan bantuan tusuk gigi untuk membuat visual gambarnya. Bentuk dan kreasikan sesuai seleramu.
ADVERTISEMENT
Apabila sudah, kamu bisa langsung menikmatinya. Kalau kamu ingin kopi yang lebih manis, bisa juga menambahkan cokelat bubuk di atasnya.
Itulah cara membuat latte art yang bisa dilakukan oleh pemula di rumah. Mudah, bukan? Kini kamu tidak perlu jauh-jauh lagi ke kafe apabila ingin menikmati secangkir latte. Kamu bisa menikmatinya di rumah dan meraciknya sendiri. Selamat mencoba. [ENF]