3 Cara Menanam Sereh agar Mendapatkan Hasil Melimpah

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
27 Maret 2023 20:24 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi foto cara menanam sereh/serai agar hasil melimpah. Sumber foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi foto cara menanam sereh/serai agar hasil melimpah. Sumber foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sereh atau serai merupakan tanaman yang memiliki segudang manfaat. Tanaman ini termasuk favorit bagi banyak orang. Tak heran kalau budidaya sereh begitu populer di berbagai kalangan.
ADVERTISEMENT
Kalau kamu juga tertarik untuk melakukan budidaya sereh, yuk simak ulasan tentang cara menanam sereh agar mendapat hasil melimpah pada artikel ini.

Cara Menanam Sereh/serai agar Hasil Melimpah

Ilustrasi foto cara menanam sereh/serai agar hasil melimpah. Sumber foto: Pexels
Dikutip dari Healthline, Sereh atau biasa disebut serai, adalah tanaman bertangkai tinggi. Aroma lemon segar dan jeruk menjadi ciri khas tersendiri pada tanaman ini. Daun dan minyaknya biasa digunakan sebagai obat-obatan.
Di Thailand, sereh kerap dijadikan sebagai bahan masakan umum. Selain itu, minyak atsiri sereh juga digunakan sebagai bagian dari racikan aromaterapi. Fungsinya untuk menyegarkan udara, mengurangi stres, dan meningkatkan mood.
Dirangkum dari situs WebMd, penggunaan sereh juga beragam. Bisa untuk diminum langsung, dioleskan ke kulit, atau dihirup sebagai aromaterapi.
Dalam makanan dan minuman, sereh biasa digunakan untuk penyedap rasa. Salah satunya daun sereh yang kerap dijadikan sebagai penambah rasa dalam teh herbal. Di bidang manufaktur, sereh juga dipakai sebagai pewangi deodoran, sabun, dan kosmetik.
ADVERTISEMENT
Dengan segudang manfaat dan kegudaan, permintaan sereh di pasaran jadi cukup tinggi. Nah, tanpa basa-basi lagi mari langsung saja kita bahas cara menanam sereh agar hasil melimpah.

1. Persiapkan Bibit

Agar mendapatkan hasil yang berkualitas dan melimpah, maka pilihlah bibit yang bagus. Pilih bibit yang terhindar dari serangan hama atau penyakit.
Cara mendapatkan bibit juag dikategorikan mudah, cabut rimpang umbi beserta batangnya, baru potong bagian daun serai hingga hanya tersisa bagain batang dan umbi.
Sebelum menanam bibit, pastikan kamu menyiram bibit tersebut 2 kali sehari. Hal ini dilakukan untuk mencegah layu dan tetap sehat ketika akan ditanam.

2. Persiapkan Lahan

Langkah kedua untuk menanam sereh adalah menyiapkan lahan. Lihat juga syarat tumbuhnya. Sereh bisa tumbuh di daratan rendah maupun daratan tinggi dengan ketinggian 100 mdpl hingga 1000 mdpl.
ADVERTISEMENT
Pilihlah tanah yang subur dan terbebas dari hama atau penyakit. Setelah itu buatlah lubang dengan ukuran 50x50x60 cm, lalu beri jarak antar lubang sekitar 120 cm. Bisa juga disesuaikan dengan lahan tanam yang dimiliki.
Setelah lubang tanam selesai dibuat, masukkanlah pupuk kandang ke dalamnya. Sirami setiap lubang tanam dengan setidaknya 2 liter air. Kemudian biarkan air tersebut meresap selama sekitar 5 menit.
Begitu semua air sudah dipastikan meresap, masukkan 2 ruas batang bibit serai ke dalamnya. Timbun kembali dengan tanah lalu siram dengan air secukupnya.

3. Perawatan

Perawatan sereh harus memperhatikan 6 tahapan penting, di antaranya adalah penyulaman, penyiangan, penyiraman, penggemburan tanah, pemangkasan, dan pemupukan susulan. Pastikan kamu tidak melewati semua tahap ini.
ADVERTISEMENT
Nah, itu dia 3 cara menanam sereh agar mendapatkan hasil yang melimpah. Semoga bermanfaat, ya! (RAF)