2 Cara Menanam Pohon Bidara dengan Batangnya yang Mudah Dilakukan

Seputar Hobi
Artikel yang membahas seputar hobi seperti menggambar, memelihara tanaman, hewan peliharaan, hingga meracik kopi.
Konten dari Pengguna
22 Maret 2023 16:04 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Hobi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi foto cara menanam pohon bidara dengan batangnya yang mudah dilakukan. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi foto cara menanam pohon bidara dengan batangnya yang mudah dilakukan. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pohon bidara atau biasa disebut sebagai widara, merupakan pohon kecil yang tumbuh di daerah kering. Pohon ini juga menghasilkan buah.
ADVERTISEMENT
Buah pohon ini disebut buah widara, bentuknya seperti batu atau telur bulat, ukuran kecil, memiliki 3 warna, yaitu pucat, kemerahan, dan kehitaman jika sudah matang.
Budidaya pohon bidara juga sangat menguntungkan, lho. Oleh karena itu, di artikel kali ini kita akan membahas cara menanam pohon bidara dengan batangnya yang mudah dilakukan.

2 Cara Menanam Pohon Bidara dengan Batangnya yang Mudah Dilakukan Oleh Pemula

Ilustrasi foto cara menanam pohon bidara dengan batangnya yang mudah dilakukan. Sumber foto: Unsplash
Dikutip dari buku Konseling Terapi karya Musfir bin Said, buah pohon bidara memiliki berbagai macam khasiat yang bagus untuk kesehatan. Misalnya untuk mengobati diare, membersihkan lambung, meredam kekuningan, memberikan nutrisi pada tubuh, bahkan bisa untuk sebagai obat jerawat.
Biasanya pohon bidara dengan cara stek, namun cara ini memiliki kekurangan seperti;
ADVERTISEMENT
- Batang tanaman tidak sekuat pohon yang ditanam melalui biji.
- Bibit budidaya dalam jumlah besar sulit untuk didapatkan dan membutuhkan biaya yang besar.
Nah, jika kamu sudah melihat manfaat buah pohon widara dan kekurangan budidaya bidara dari stek. Mari langsung saja kita bahas cara menanam pohon bidara dengan batangnya.

1. Persiapkan Batang Bidara

Langkah pertama, siapkan cabang pohon bidara yang berdiameter > 1 cm. Pilihlah batang yang sehat dan memiliki daun muda di ujung dan daun dewasa di bawahnya.
Lalu, potonglah batangnya sekitar 10-20 cm dan buang beberapa daunnya. Setelah itu, rendam bidara ke dalam larutan pupuk organik cair selama kurang lebih 30 menit.
Hal ini dilakukan untuk batang yang ditanam terbebas dan tahan dari serangan hama atau penyakit, proses tumbuh semakin cepat.
ADVERTISEMENT

2. Proses Penanaman

Tancapkan stek batang ke tempat tanam yang sudah disiapkan. Lalu padatkan kembali dengan tanah agar batang tidak goyah dan berdiri kokoh.
Setelah itu, siram dengan air hingga tanah lembap. Baru kita ungkup stek dengan plastik transparan untuk menjaga kelembapannya. Selama pembibitan, tanaman ini harus dijauhkan dari matahari langsung dan jangan lupa untuk menyiramnya dengan rutin.
Nah, itulah 2 cara menanam pohon bidara dengan batang yang mudah dilakukan oleh pemula. Kamu bisa mencoba ini di rumah, lho. Semoga bermanfaat ya! (RAF)