3 Tempat Penangkaran Penyu di Bali yang Bisa Dikunjungi Wisatawan

Seputar Bali
Mengulas serba serbi kota Bali, mulai dari pariwisata hingga budayanya.
Konten dari Pengguna
15 Desember 2023 16:45 WIB
ยท
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Bali tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tempat penangkaran penyu di Bali. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Wexor Tmg
zoom-in-whitePerbesar
Tempat penangkaran penyu di Bali. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Wexor Tmg
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Salah satu hewan yang saat ini terancam punah karena jumlahnya terus berkurang adalah penyu. Oleh sebab itu, ada beberapa tempat penangkaran penyu di Bali yang juga menjadi tempat wisata andalan Pulau Dewata.
ADVERTISEMENT
Penangkaran penyu tersebut menjadi rumah bagi ratusan penyu sebelum mereka dilepaskan ke lautan. Biasanya, pada saat-saat tertentu, wisatawan bisa ikut melepaskan anakan penyu ke laut.

3 Tempat Penangkaran Penyu di Bali

Tempat penangkaran penyu di Bali. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/Tanguy Sauvin
Penangkaran penyu yang ada di Bali bukan hanya sebagai tempat perlindungan bagi penyu dari ancaman manusia maupun ancaman predator. Penangkaran ini juga bertugas untuk membantu penyu berkembang biak dan menghasilkan banyak keturunan.
Harapannya dengan adanya penangkaran penyu maka populasi penyu terus bertambah dan tidak terjadi kepunahan. Berikut ini adalah beberapa tempat penangkaran penyu di Bali yang bisa dikunjungi oleh wisatawan.

1. Tanjung Benoa

Tempat penangkaran penyu pertama yang ada di Bali adalah Tanjung Benoa. Di tempat ini wisatawan yang datang bisa menyaksikan bagaimana proses penangkaran penyu serta beberapa penyu yang langka juga ada di pulau yang satu ini.
ADVERTISEMENT
Selain menyaksikan penangkaran penyu, wisatawan yang datang ke tempat ini bisa melakukan berbagai aktivitas menarik terutama olahraga air.

2. Pulau Serangan

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kota Denpasar, www.denpasarkota.go.id, penangkaran penyu lainnya yang ada di Bali adalah Pulau Serangan. Wisatawan yang datang ke pulau ini bisa berkunjung ke Turtle Conservation and Education Center.
Di tempat ini wisatawan bisa melihat dan mengenal dengan lebih dekat kehidupan penyu yang hampir punah. Misalnya, melihat bagaimana proses dan juga melihat telur-telur penyu yang ada di pasir.
Ada juga penyu-penyu kecil yang baru menetas dan berada di kolam khusus sebelum pada akhirnya nanti dilepaskan ke habitat aslinya.

3. Pantai Perancak

Di Pantai Perancak, wisatawan yang datang bisa menyaksikan bagaimana proses penangkaran penyu. Di sini wisatawan bisa belajar mengenai berbagai jenis penyu serta melihat bagaimana proses perawatan telur penyu hingga menetas.
ADVERTISEMENT
Tempat ini bisa menjadi destinasi wisata edukasi jika sedang berlibur ke Bali bersama dengan anak-anak. Jika beruntung, wisatawan bisa ikut melepaskan penyu ke laut bersama dengan pengurus penangkaran.
Itulah beberapa tempat penangkaran penyu di Bali yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yang sedang liburan. Tempat penangkaran ini bisa dijadikan sebagai destinasi wisata edukasi untuk anak-anak. (ARD)