3 Rekomendasi Desa Wisata di Jembrana Bali yang Wajib Dikunjungi

Seputar Bali
Mengulas serba serbi kota Bali, mulai dari pariwisata hingga budayanya.
Konten dari Pengguna
10 Januari 2024 14:58 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Seputar Bali tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Desa Wisata di Jembrana Bali. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/satria setiawan
zoom-in-whitePerbesar
Desa Wisata di Jembrana Bali. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/satria setiawan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Desa wisata merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik dan unik di Bali. Pasalnya, desa wisata menyuguhkan pemandangan alam, budaya dan juga tradisi yang masih asli. Jadi, tidak heran jika ada beberapa rekomendasi desa wisata di Jembrana Bali.
ADVERTISEMENT
Desa wisata tersebut sangat cocok dijadikan tujuan wisata saat liburan bersama pasangan atau keluarga. Karena merupakan destinasi wisata dengan paket lengkap.

3 Rekomendasi Desa Wisata di Jembrana Bali

Desa Wisata di Jembrana Bali. Foto hanya ilustrasi bukan tempat sebenarnya. Sumber foto: Unsplash.com/satria setiawan
Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Jembrana, jembranakab.go.id, Jembrana adalah kabupaten yang terletak di ujung barat pulau Bali, yang memiliki banyak pesona alam dan budaya yang menarik.
Di sini wsisatawan bisa menemukan desa-desa wisata yang menawarkan berbagai kegiatan, mulai dari wisata religi, wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi desa wisata di Jembrana Bali yang wajib dikunjungi.

1. Desa Wisata Ekasari

Desa Wisata Ekasari adalah desa yang memiliki nilai toleransi antar umat beragama yang tinggi. Di sini wisatawan bisa melihat Gereja Tua Palasari dan Gua Maria, yang menjadi tempat ibadah umat Katolik.
ADVERTISEMENT
Selain itu, juga bisa menikmati pemandangan Bendungan Palasari, yang merupakan bendungan terbesar di Bali. Di desa ini juga bisa belajar tentang agrowisata kakao, mulai dari cara menanam, merawat, memetik, hingga mengolahnya menjadi cokelat.

2. Desa Wisata Perancak

Desa Wisata Perancak adalah desa yang terkenal dengan keindahan lautnya. Di sini wisatawan bisa melihat penangkaran penyu Kurma Asih, yang berusaha melestarikan penyu laut dari ancaman kepunahan.
Wisatawan juga bisa ikut melepas tukik atau anak penyu ke laut, atau melihat proses penyulingan air laut menjadi air mineral megumi. Selain itu, juga bisa menikmati panorama Sungai Muara Perancak, yang memiliki pemandangan indah saat matahari terbenam.

3. Desa Wisata Delod Berawah

Desa Wisata Delod Berawah adalah desa yang memiliki pesona pantai dan perbukitan. Di sini wisatawan bisa melihat Sirkuit Makepung, yang merupakan tempat perlombaan kerbau tradisional khas Jembrana.
ADVERTISEMENT
Wisatawan juga bisa menikmati Pantai Delod Berawah, yang memiliki pasir putih dan ombak besar. Selain itu, juga bisa berkunjung ke kolam pemandian air laut satu-satunya di Bali, yaitu Kolam Pemandian Air Laut Delod Berawah.
Desa wisata di Jembrana Bali yang telah disebutkan di atas wajib dikunjungi oleh wisatawan yang sedang liburan di daerah Jembrana. Karena bisa merasakan suasana Bali yang berbeda dan pemandangan yang indah. (WWN)