4.000 Vaksin Jenis Coronovac Akan Kedaluwarsa 5 Hari Lagi

Konten Media Partner
14 April 2022 19:46 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Vaksin AstraZeneca. Foto: Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Vaksin AstraZeneca. Foto: Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
SELASAR RIAU, PEKANBARU - Lagi, ribuan dosis vaksin COVID-19 di Kota Pekanbaru seg4ra memasuki masa kedaluwarsa. Vaksin tersebut bakal habis masa pakainya 5 hari lagi, 19 April 2022.
ADVERTISEMENT
Data dari Dinas Kesehatan Pekanbaru, sekitar 4.000 dosis vaksin jenis Coronavac bakal memasuki masa kedaluwarsa. Vaksin ini harus segera digunakan untuk vaksinasi anak.
"Makanya kami sedang berupaya menggesa vaksin anak, bisa segera kita laksanakan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Kamis (14/4/2022).
Ia tak menampik, masih mengalami kendala di lapangan. Zaini menyebut, masih ada orang tua enggan memberikan izin anaknya untuk divaksin.
Mereka sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru agar menfasilitasi dan mengedukasi para orang tua.
Zaini menyampaikan, pasokan vaksin COVID-19 mencukupi. Ada 20 ribu dosis vaksin tersedia di gudang Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dan fasilitas kesehatan.
Sejumlah jenis vaksin di antaranya AstraZeneca, Pfizer dan Coronavac. Dinkes Pekanbaru sudah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Riau mengkoordinir lalu lintas vaksin.
ADVERTISEMENT
"Kita sudah sepakat, apabila kabupaten atau kota lainnya belum habis digunakan, maka bisa dipakai dulu sehingga jangan sampai vaksin tidak termanfaatkan," paparnya.
Laporan: LARAS OLIVIA