Sejarah Kerajaan Majapahit, Kerajaan Hindu Buddha Terbesar pada Masanya

Sejarah dan Sosial
Artikel yang membahas seputar sejarah hingga topik sosial lainnya.
Konten dari Pengguna
2 April 2023 21:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Sejarah dan Sosial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi foto kerajaan majapahit. Sumber foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi foto kerajaan majapahit. Sumber foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kita semua pasti pernah mendengar tentang Kerajaan Majapahit, bukan? Kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha satu ini merupakan kerajaan terbesar di Nusantara.
ADVERTISEMENT
Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang kerajaan ini, silahkan simak artikel berikut ini sampai habis, ya!

Sejarah Kerajaan Majapahit, Kerajaan Terbesar di Nusantara

Ilustrasi foto kerajaan majapahit. Sumber foto: Pexels
Dirangkum dari Buku Kebesaran Majapahit Sebagai Inspirasi Meraih Sukses karya Agus Boyot dan Matius Prapto, Kerajaan Majapahit berdiri pada tahun 1293 lalu runtuh pada tahun 1478 M.
Kerajaan ini didirikan oleh Raden Wijaya yang kemudian mendapat gelar Kertarajasa Jayawardana. Ia adalah raja pertama kerajaan ini. Ia juga memperistri kedua anak Prabhu Kertanegara, Raja Singasari, yang tewas dalam peperangan.
Dalam kitab Negarakertagama, letak Majapahit sendiri adalah setengah hari perjalanan ke arah barat daya dari Mojokerto. Namun, jika ditelisik dari peninggalan-peninggalan Majapahit, pusat pemerintahan kerajaan ini berada di Trowulan, Mojokerto.
ADVERTISEMENT
Selama berdiri, Majapahit dipimpin oleh 12 Raja, di antaranya adalah:
Kerajaan Majapahit mencapai masa kejayaannya saat dipimpin oleh Hayam Wuruk dengan patihnya, Gajah Mada. Hayam Wuruk lahir pada tahun 1334, di mana pada tahun itu Sumpah Palapa diucapkan. Ia memiliki gelar Sri Rajasanagara.
Ia sangat terkenal hingga ke mancanegara. Seorang bikhu bernama Sri Budhatiya dari pertapaan Sadwihara di Kuncipuri India, menulis buku yang isinya pujian untuk Hayam Wuruk.
ADVERTISEMENT
Ia memerintah sejak umur 17 tahun dari 1351-1389. Saat itu kerajaan-kerajaan bawahan ikut berkembang. Pembangunan dilakukan di mana-mana. Bahkan kebudayaan juga ikut berkembang luas, contohnya adalah banyak karya sastra yang dibuat.
Bersama dengan Gajah Mada, Hawam Wuruk berhasil menguasai wilayah-wilayah yang ada di Nusantara, seperti Sumatra, Tanjungpura atau Kalimantan, dan Semenanjung Melayu atau Malaka.
Hingga akhirnya Gajah Mada wafat pada tahun 1364 dan Hayam Wuruk pada tahun 1389. Dua hal inilah yang menjadi faktor melemahnya kerajaan Majapahit. Hingga pada tahun 1478, Majapahit akhirnya runtuh.
Nah, itu dia kisah sejarah dari Kerajaan Majapahit. Kerajaan ini memang sangat terkenal dan luar biasa. Semoga bisa menambah ilmu pengetahuan kamu, ya! (RAF)