Tips bikin virtual meeting lebih efektif

Rolip Saptamaji
Founder Poligrabs Infographic
Konten dari Pengguna
26 November 2020 14:37 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Rolip Saptamaji tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sejak awal pandemi COVID-19, kita terpaksa bekerja dari rumah karena kebijakan pembatasan sosial berskala besar di berbagai kota. Setelah beberapa bulan work from home, tentunya meeting virtual sudah menjadi rutinitas kita. Tapi, kenyataannya meeting virtual tidak semudah itu. Banyak gangguan teknis dari jaringan internet, kualitas audio visual, bahkan beberapa dari kita masih kebingungan cara menggunakan aplikasi meeting virtual. Belum lagi, tidak jarang meeting virtual malah tidak menghasilkan kesimpulan dan tidak sesuai rencana.
Selama pandemi ini, kami (Poligrabs) jadi mempelajari beberapa tips untuk meeting virtual yang efektif. Tentunya ini berdasarkan pengalaman kami sendiri ketika work from home. Kalau anda punya tips yang lebih baik, bolehlah anda berbagi juga. Berikut tips dari kami.
Pada dasarnya, virtual meeting dengan meeting offline biasa tidak begitu banyak perbedaan. Hanya saja pertemuan dimediasi oleh perangkat digital. Kebingungan kita dimulai ketika kita tidak mengenal media perantara ini dengan baik, mungkin karena belum terbiasa. Selama proses adaptasi ini tentunya banyak kendala yang kita hadapi. Namun semakin sering kita mencari solusi semakin baik kualitas virtual meeting kita nanti
ADVERTISEMENT
sumber: